Gamer Wanita Lebih Baik Dari Pria?

TEKNOLOGI | 16 November 2019 11:10 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Dunia gim adalah hal yang dulu diidentikkan dengan kaum pria. Seakan, gamer harus seorang pria dan gaming bukan ranah yang 'cewek banget.'

Sampai-sampai ada sebuah prejudis bahwa pria dikenal sebagai gamer yang lebih baik dari wanita. Stereotip yang sebenarnya hanya bualan ini langsung patah dengan adanya sebuah penelitian dari ilmuwan Amerika Serikat.

Penelitian Dr Cuihua Shen dari University of California dan Dr Rabindra Ratan dari Michigan State University menemukan bila jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap kemampuan bermain game seseorang.

Kesimpulan ini didapat dari 10.000 responden yang terdiri dari gamer MMO (Massive Multiplayer Online). Gamer wanita bisa melakukan 'level up' sama baiknya dengan gamer pria.

1 dari 1 halaman

Alasan Mengapa Wanita 'Disepelekan' Soal Game

Dari penelitian ini juga diperoleh alasan mengapa wanita dianggap sebagai gamer yang tidak kompeten.

Pertama, gamer wanita bermain game dalam kurun waktu lebih singkat daripada gamer pria. Kedua, mereka lebih memilih jenis karakter game yang tidak agresif, misalnya 'healer' atau penyembuh.

Di sisi lain, gamer pria juga terbukti lebih fokus untuk menaikkan level secepat mungkin dan memenangkan kompetisi dengan gamer lain.

Sebaliknya, gamer wanita lebih fokus menjalin hubungan dengan gamer lain, dengan kata lain mereka lebih mementingkan interaksi dari pada level tinggi.

Namun, perbedaan motivasi tadi tidak berpengaruh terhadap kemampuan gaming gamer wanita. Terbukti, mereka mampu menaikkan level secepat gamer pria bila memang fokus untuk hal itu.

Nah, terbukti kan kalau wanita lebih jago soal game. Hanya saja ini adalah industri yang lebih banyak dimainkan laki-laki dan preferensi wanita soal game tidak lebih terbuka ketimbang pria. Menurut Anda? (mdk/idc)

Baca juga:
Orang Kidal Lebih Cerdas, Mitos Atau Fakta?
Mitos Tanjakan Panganten Garut, Calon Pengantin Dilarang Naik Mobil Saat Melintas
4 Misteri Candi Borobudur yang Masih Belum Terpecahkan
7 Fiksi Berkarakter Naga, dari How to Train Your Dragon 3 hingga Seraphina
4 Mitos hewan ini dipercaya jelmaan manusia
Ritual ilmu menghilang, alasan pelaku bongkar makam bayi di Cilacap