Gedung Cyber 1 Kebakaran, Bagaimana Keadaan Data Center di Sana?

Gedung Cyber 1 Kebakaran, Bagaimana Keadaan Data Center di Sana?
Data Center. ©2012 Shutterstock
TEKNOLOGI | 2 Desember 2021 14:59 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Gedung cyber 1, Kuningan, Jakarta Selatan dilalap si jago merah. Humas Damkar DKI Jakarta, Mulat Wijayanto mengatakan, obyek kebakaran berada di lantai 2.

"Obyek lantai 2, informasi ada korban yang terjebak," katanya dalam keterangan tertulis.

Gedung cyber 1 merupakan salah satu tempat favorit operator data center meletakan perangkatnya di sana, salah satunya data center milik Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ketua Umum APJII, Muhammad Arif Angga mengatakan, sejauh ini data center yang dimiliki oleh asosiasi tersebut jauh dari obyek kebakaran.

"Sejauh ini data center APJII aman, tapi kita belum bisa masuk ke dalam. Kita harus cek juga secara fisik. Kebetulan data center kita tidak di lantai tersebut," ungkapnya kepada Merdeka.com, Kamis (2/12).

Namun, kata pria yang karib disapa Angga ini, di lantai dua obyek yang terbakar itu ada data center milik Cyber Data Center (CDC) Internasional. Tetapi belum diketahui bagaimana kondisi fisik data center milik CDCInternasional tersebut.

Care Manager Dwi Tunggal Putra (DTP), Yoke Tangkar mengatakan data center yang dimiliki DTP juga berada di Gedung Cyber 1. Namun Yoke memastikan, data center yang berada di gedung tersebut tidak bermasalah.

"Data center kami bukan di lantai itu, tapi so far aman alhamdulillah. Masih proses evakuasi. Di lantai 2 itu ada datacenter milik CDC Internasional dan ada Kafe. Tapi exactly penyebabnya apa aku gak tahu," ungkap Yoke.

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami