Generasi Muda Berperan Bantu UKM Masuki Era Digital

Generasi Muda Berperan Bantu UKM Masuki Era Digital
Kegiatan Wirakarya Local Hero Festival 2021. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 27 Oktober 2021 07:00 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Menyambut Hari Sumpah Pemuda setiap 28 Oktober, Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) menghelat kegiatan talkshow bertajuk “Peran Generasi Muda dalam Memajukan Ekonomi Kreatif Nasional".

Acara ini digelar secara daring sekaligusrangkaian dari Wirakarya Local Hero Festival 2021, Selasa (26/10).

Talkshow ini menghadirkan narasumber: Hermawati Setyorinny, Ketua Umum komunitas UKM Aku Mandiri; Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI; dan Ansari Kadir, Co-Founder GK Hebat.

Hermawaty Setyorini menyatakan komunitasnya berusaha membantu orang-orang yang sedang mencari peluang bisnis. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan usaha-usaha baru yang lebih produktif. Komunitas UKM dengan anggota sekitar satu juta pelaku usaha ini mendorong kolaborasi dan agregasi pelaku UKM dengan semua pihak, terutama dari anak muda untuk aspek teknologi digital yang dibutuhkan saat ini.

Sementara Ansari Kadir bercerita awal mula merintis usaha yang banyak kendala hingga mendapatkan rekan kerja yang tepat sehingga usahanya bisa berkembang dan lebih maju.

“Generasi muda memiliki banyak ide,tapi harus mencari cara agar dapat merealisasikan ide tersebut, karena merealisasikan ide bisnis tersebut adalah hal yang paling sulit dilakukan,” ujarnya.

Ansari berpesan bagi generasi muda jika ingin memulai usaha harus menunjukkan rencana jangka panjangnya, bukan rencana satu tahun. Apalagi kondisi saat ini memudahkan upaya merintis usaha termasuk mencari investor seperti melalui media sosial.

Yudho Giri Sucahyo, Ketua PANDI, memaparkan tentang peran teknologi bagi pelaku usaha terutama di masa pandemi Covid-19 ini. Ada ruang digital yang memungkinkan interaksi antarmanusia tanpa ada batasan secara fisik.

“Dengan memanfaatkan teknologi internet, pelaku usaha bisa melakukan pemasaran digital supaya memperluas jangkauan pasar produknya. Tidak hanya nasional, tapi bisa juga internasional dengan memanfaatkan platform digital seperti memiliki situs atau web sendiri,” ujarnya.

Puncak Wirakarya Local Heroes Festival 2021

Sementara itu, acara puncak Wirakarya Local Heroes Festival 2021 secara resmi dibuka telaholeh Wakil Presiden RI, yang diwakili oleh Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Selasa (26/10). Wirakarya tahun ini akan berlangsung hingga Rabu (27/10).

kegiatan wirakarya local hero festival 2021

©2021 Merdeka.com

Ini adalah acara kolaborasi antara UMKM dan generasi muda Indonesia yang digelar sejak Agustus tahun ini untuk membantu meningkatkan penjualan di masa pandemi sekaligus menumbuhkan kecintaan produk lokal.

Menteri Teten menyampaikan pemuda harus menjadi local hero dengan bangga pada buatan bangsa sendiri, serta menciptakan dan mengembangkan produk dalam negeri supaya perekonomian nasional kokoh dan mandiri. Dalam mendukung lebih banyak lagi local hero UKM, Kementerian Koperasi dan UKM sudah menyiapkan program inkubator wirausaha melalui LPDB-KUMKM.

"Pada tahun ini program inkubator wirausaha LPDB-KUMKM telah bekerja sama dengan 8 inkubator wirausaha. Pada tahun depan kami menargetkan sebanyak 10 inkubator wirausaha baru. Selain itu, kami terus mendorong wirausaha untuk masuk dalam ekonomi digital. Per September lalu UMKM onboarding keekonomi digital mencapai 16,4 juta atau bertambah 8,4 juta UMKM selama pandemi," ungkap menteri dalam sambutannya secara daring.

Di Wirakarya Local Heroes Festival 2021, para generasi muda dan UMKM akan tampil mewakili provinsinya untuk mempromosikan produk lokalnya melalui beragam lomba. Seperti lomba live selling, video advertising, dan empowerment action.

Isnawan, Ketua Panitia Wirakarya Local Heroes Festival 2021, menjelaskan kegiatan ini diikuti oleh ratusan pemuda dari 24 provinsi, dengan harapan dapat menjadi inspirasi bagi para pemuda di provinsi lainnya.

Dalam kegiatan ini, GKR Mangkubumi sebagai Ketua Umum BPP AKU dan pencetus Wirakarya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya bagi para generasi muda dan UMKM atas upaya dan kerja kerasnya mempromosikan produk lokal Indonesia. "Kegiatan ini sebagai langkah awal untuk memulai gerakan bangga buatan Indonesia."

Acara puncak Wirakarya Local Heroes 2021 diselenggarakan melalui platform virtual yang dapat di akses melalui laman localhero.id. Di ruang maya ini, para pemirsa akan disuguhkan penampilan para finalis lomba live selling competition dan pameran UMKM dari masing-masing provinsi yang disajikan secara virtual.

(mdk/sya)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami