Giliran Facebook Tak Lagi Menjadi Aplikasi Bawaan Smartphone Huawei

TEKNOLOGI | 10 Juni 2019 09:00 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Reuters dan The Verge, Senin (10/6), melaporkan bahwa setelah Google, kini giliran Facebook yang tak lagi bekerja sama dengan Huawei. Kerja sama ini tentang aplikasi Facebook atau WhatsApp sebagai bawaan aplikasi yang sudah terinstal di perangkat Huawei.

Keputusan yang dilakukan perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini merupakan lanjutan dari larangan perusahaan Amerika Serikat berbisnis dengan Huawei.

Walau demikian, pengguna smartphone Huawei masih dapat memasang dan menggunakan aplikasi Facebook, termasuk WhatsApp dan Instagram. Namun secara mandiri.

Keputusan ini berlaku hanya untuk perangkat baru yang diluncurkan Huawei. Tidak berlaku untuk model yang sudah lama. Facebook sendiri menolak berkomentar mengenai waktu berlakunya pembatasan ini. Jika memang benar, raksasa media sosial itu mengambil cara yang berbeda dari Google.

Untuk diketahui, Google sendiri masih mengizinkan Huawei memasang aplikasi dan layanannya di smartphone yang ada saat ini, termasuk perangkat yang belum dikapalkan atau baru diproduksi.

Di sisi lain, keputusan Facebook ini disebut tidak akan banyak berpengaruh ke Huawei. Berbeda dari pembatasan yang dilakukan ARM dan Google, sebab keduanya merupakan rekanan inti perusahaan asal Tiongkok tersebut dalam untuk chip dan sistem operasi. (mdk/faz)

Baca juga:
Samsung dan Apple Diuntungkan Bisnis Huawei yang Terganggu
Huawei Dapat Dukungan dari Negara Ini Terkait Perseteruan dengan AS
Huawei: Tidak Tepat Kami Disebut Ancaman Keamanan Siber AS
Huawei Tegaskan Akan Kembangkan Chip Sendiri Meski Tanpa ARM
Bos Huawei sebut AS Tidak Akan Mampu Pengaruhi Negara Lain
Harga Huawei P30 Pro Dikabarkan Turun 90 Persen
Huawei Tersandung Masalah, Samsung dan Xiaomi Sigap 'Rebut' Pasar

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.