Google Dilaporkan Tak Cantumkan Detail Privasi di iOS

Google Dilaporkan Tak Cantumkan Detail Privasi di iOS
iOS 14. ©2020 Apple
TEKNOLOGI | 10 Februari 2021 13:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Pada Desember 2020 lalu, Apple meminta pengembang yang meletakkan aplikasi di platform mobile mereka yakni iOS untuk melakukan pembaruan terkait detail privasi. Hal ini akan menguraikan data apa saja yang dikumpulkan, ketika pengguna menginstal aplikasi.

Banyak pengembang, termasuk Facebook, telah mencantumkan hal itu. Namun, tidak demikian dengan Google.

Dikutip dari MacRumors via Tekno Liputan6.com, Google belum memperbarui detail privasi dengan fitur Label Privasi pada sebagian besar aplikasinya, termasuk aplikasi utama seperti Gmail, Google Maps, Chrome, dan YouTube sejak 7 Desember atau sebelumnya.

Di luar itu, aplikasi Google Translate, Google Authenticator, Motion Stills, Google Play Film, dan Google Classroom sudah menyertakan label privasi, meskipun belum diperbarui sesuai ketentuan teraktual.

Namun, Google Search, Google Maps, Chrome, Waze, YouTube, Google Drive, Google Foto, Google Home, Gmail, Google Dokumen, Asisten Google, Google Spreadsheet, Google Kalender, Google Slide, Google One, Google Earth, YouTube Music, Hangouts, Google Tasks, Google Meet, Google Pay, PhotoScan, Google Voice, Google Berita, Gboard , Google Podcasts, dan lainnya belum menampilkan informasi tersebut.

Janji Google

Perlu diketahui, Apple mengharuskan semua pengembang aplikasi di App Store memberikan laporan privasinya sejak 8 Desember 2020. Merespons hal itu, Google sempat mengatakan akan segera melengkapinya.

Sebagian besar mayoritas staf Google tidak bekerja pada akhir Desember lalu. Hal ini menjadi sebab aplikasi Google versi iOS belum diperbarui sejak saat itu.

Namun, kepada TechCrunch Google mengonfirmasi akan melakukan pembaruan pekan ini, walau belum ada waktu pasti kapan Google akan melakukan pembaruan.

Dua aplikasi Google, Slides dan Socratic, telah diperbarui setelah Apple mengeluarkan kebijakan mengenai detail label privasi. Kendati demikian, aplikasi tersebut belum melampirkan laporan privasi.

Label privasi sendiri dapat dilihat oleh pengguna sejak 14 Desember 2020 lalu, bertepatan dengan rilis iOS 14.3. Aturan laporan privasi yang dimaksud dalam aturan Apple adalah pengembang perlu mencantumkan informasi apa saja yang dapat diakses oleh aplikasi buatannya. Seperti lokasi, riwayat penelusuran, kontak, foto, atau lainnya.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Arief Rahman Hakim (mdk/idc)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami