Google Rilis 53 Emoji Netral Gender, Bukan Laki-Laki Maupun Perempuan

TEKNOLOGI | 15 Mei 2019 08:31 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Emoji adalah salah satu aspek berkomunikasi kita di media sosial untuk merepresentasikan ekspresi non-verbal.

Melihat seberapa penting emoji ini, Google meluncurkan 53 emoji gender baru yang bersifat inklusif.

Inklusif di sini, menurut laporan dari Fast Company pada Minggu (12/5/2918), artinya tidak merepresentasikan gender tertentu, baik pria maupun wanita.

Gender ini dianggap 'ambigu', jadi karakteristiknya tidak akan mendekati pria atau wanita, mulai dari gaya rambut hingga gaya berpakaian.

Emoji diperlihatkan secara netral dan tidak menimbulkan asumsi perihal gender si emoji.

Misalnya di emoji perenang, perenang wanita digambarkan memakai baju renang yang menutup dada dan perenang lelaki digambarkan tidak memakai baju renang.

Untuk gender 'ambigu' ini, perenang digambarkan memakai baju renang panjang.

Atau di emoji duyung, duyung laki-laki digambarkan tidak memakai atasan dan membawa trisula, sedangkan duyung perempuan digambarkan memakai bra.

Sementara, si gender ambigu digambarkan menutup dadanya dengan dua tangan yang dilipat, tidak menimbulkan asumsi apakah gender si emoji laki-laki atau wanita.

Tidak cuma pada emoji manusia, konsep ini juga diterapkan pada emoji makhluk lain, seperti vampir, zombie, jin dan lainnya.

Bahkan, konsep ini juga diterapkan di emoji pasangan. Mereka sama-sama terlihat bisa jatuh cinta dengan adanya tanda hati dan bisa memiliki anak.

Jennifer Daniel, desainer Google yang juga menjabat di Unicode Consortium menyatakan kalau gender memamg penuh komplikasi.

"Sangat mustahil menentukan satu gender hanya dari satu imej. Gender adalah konstruksi yang hidup dinamis dalam skeptrum. Kita tidak bisa menghindari ras, gender dan apapun yang berkaitan dengan kelas dan kultur. Oleh karenanya, pendekatan yang tepat dibutuhkan dalam merepresentasikan gender," ungkapnya.

Poin pentingnya, Fast Company bakal ijinkan emoji ini melenggang di luar sistem operasi Android, seperti iOS, setidaknya sampai perusahaan pengembang bisa menciptakan emoji inklusif sendiri.

Juru bicara Google menyatakan kalau emoji ini tersedia untuk Android Q Beta, namun hanya ada di beberapa model smartphone yang terbatas.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Athika Rahma

Baca juga:
Bos Google Diduga Singgung Apple Soal Privasi
Konten YouTube Original Bakal Bisa Diakses Gratis
Incognito Mode Hadir di Google Maps, Search, dan YouTube
9 Aplikasi Terbaik yang Menang Google Play Awards 2019
Di Google Maps, Rumah Prabowo Berubah Jadi Republik Kertanegara
Google Gelontorkan Rp 17 Miliar Demi Keamanan Sang CEO
Fitur Baru Google Maps Bakal Suguhi Rekomendasi Kuliner

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT