Google Tak Izinkan Aplikasi Zoom Terpasang di Perangkat Karyawan

Google Tak Izinkan Aplikasi Zoom Terpasang di Perangkat Karyawan
TEKNOLOGI | 9 April 2020 15:00 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Juru bicara Google, Jose Castaneda mengatakan, nantinya Google tidak akan mengizinkan aplikasi Zoom terpasang, khususnya perangkat kerja milik karyawan. Ini terkait dengan isu sensitif keamanan.

"Baru-baru ini, tim keamanan kami memberi tahu karyawan yang menggunakan Zoom Desktop Client, praktik itu tidak akan lagi berjalan di komputer perusahaan karena tidak memenuhi standar keamanan kami untuk aplikasi yang digunakan oleh karyawan kami," kata Jose seperti yang dilaporkan Reuters, Kamis (9/4).

Hanya saja, lanjut Jose, Google masih memperbolehkan mengakses aplikasi tersebut melalui mobile baik aplikasi maupun browser. Sebagaimana diketahui, aplikasi ini dirumornya bermasalah terkait dengan keamanan dan privasi, salah satunya adalah Zoom Bombing.

Fortune melaporkan pada Jumat (3/4) pekan lalu, melaporkan mengenai insiden ini di Amerika Serikat menurut FBI cukup tinggi. Bahkan, menurut laporan CNN, dua pengguna Zoom Bombing mengajukan gugatan hukum terhadap perusahaan di pengadilan distrik California Utara pekan ini. Salah satu gugatan menuduh aplikasi video itu telah gagal melindungi informasi pribadi jutaan pengguna perangkat lunaknya.

1 dari 1 halaman

Zoom Bombing

Lantas, apa itu Zoom Bombing? Sesuai namanya, insiden ini terjadi saat seseorang yang tidak dikenal masuk ke sebuah pertemuan dan mengacaukannya.

Insiden ini disebut terjadi di seluruh dunia, mulai dari pertemuan sederhana hingga kelas tinggi. Para pelaku biasanya mengacaukan sebuah pertemuan dengan mengatakan hal-hal rasial hingga mengirimkan gambar mengganggu.

Menurut Cofounder dan CEO Cybint Roy Zur, kebanyakan pengguna yang menjadi korban aksi ini biasanya menyetel pertemuan Zoom menjadi publik, sehingga dapat diakses siapa pun yang memiliki tautan pertemuan itu.

Roy mengatakan, pelaku tinggal mencari pertemuan yang digelar melalui Facebook atau media sosial lain dengan mengetik zoom.us. Hal ini dilakukan sebab biasanya tautan pertemuan semacam itu diunggah di media sosial.

Selain itu, ada beberapa forum khusus, seperti di Reddit yang memang ditujukan untuk mengungkap deretan ID pertemuan Zoom Classroom.

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami