Haruskah smartphone Android hadirkan 'notch' mengikuti gaya iPhone X?

Haruskah smartphone Android hadirkan 'notch' mengikuti gaya iPhone X?
Perbedaan notch Zenfone 5 dan iPhone X. ©2018 Mashable.com
TEKNOLOGI | 7 Maret 2018 11:41 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Minggu lalu, salah situs luar negeri yang berhubungan dengan teknologi, Phonearena melakukan sebuah survei kepada para pembacanya. Survei tersebut dibuat untuk mengetahui apakah mereka setuju dengan sejumlah produsen smartphone Android yang belakangan ini mengikuti gaya iPhone X dengan menghadirkan 'notch' di perangkat mereka.

Maka hasilnya cukup unik. Ternyata banyak para pengguna tidak setuju dengan adanya 'notch' tersebut, terlepas itu besar atau kecil.

polling notch di smartphone android

Polling notch di smartphone Android ©2018 Phonearena.com

Dari gambar di atas kita dapat melihat bahwa hampir 73 persen dari 2950 responden tidak menyetujui adanya 'notch' di perangkat Android. Sekitar 20 persen mengatakan "Saya tidak peduli!", sementara hanya 7 persen yang berpikir bahwa itu adalah ide yang menarik menawarkan 'notch' pada perangkat Android, asalkan ukuran layarnya dibuat lebih tinggi.

Saat ini, Asus dengan Zenfone 5 sudah melakukannya. Namun LG, Huawei, OnePlus, Oppo dan banyak prajurit Android lainnya dikabarkan memiliki track untuk mengikuti jejak Asus menghadirkan 'notch' di perangkat mereka. Termasuk produsen smartphone Essential.

Keunikan dari 'notch' ini sebenarnya memungkinkan produsen untuk membanggakan rasio screen-to-body yang tinggi. Asus Zenfone 5 yang baru ini menawarkan rasio 83,69 persen, sedikit mengalahkan iPhone X yang memiliki rasio 82,35 persen. Sementara itu, kita akan melirik Samsung Galaxy S9 yang ternyata memiliki gaya lama tanpa 'notch' tapi sangat tipis, bezel atas mengalakan keduanya dengan 84,36 persen. Yang menarik adalah Essential Phone yang ternyata mampu mengalahkan Samsung Galaxy S9 untuk ukuran rasio dengan 84.85 persen. namun yang satu ini memiliki 'notch' paling minimalis dari semuanya.

rasio smartphone

Rasio smartphone ©2018 Phonearena.com (mdk/ega)

Baca juga:
Oppo R15 dibekali prosesor garang berbasis AI Helio P60?
Uji kecepatan ini tunjukkan betapa lemotnya iPhone dengan baterai lawas
Teaser terbaru Huawei P20 tunjukkan tripel kamera dan desain notch!
Deretan smartphone yang desainnya 'pinjam' dari iPhone X
Moto G6 Play menampakkan diri, smartphone tangguh papan tengah
Ingin juara di tanah Amerika Serikat, ini strategi Xiaomi

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami