Huawei Akhirnya Konfirmasi Dibuatnya OS Pesaing Android

TEKNOLOGI | 18 Juni 2019 10:03 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Huawei akhirnya memberi konfirmasi bahwa pihaknya sedang mengerjakan sistem operasi baru untuk menggantikan Android yang memutus kontrak dengan raksasa teknoogi Tiongkok tersebut.

Langkah ini terpaksa diambil oleh Huawei, mengingat pemerintah Amerika Serikat belum melunak pasca memasukkan Huawei dalam daftar hitam perdagangan.

Kepastian Huawei menggarap sistem operasi yang akan menggantikan Android diungkap oleh VP Huawei Technologies, Andrew Williamson, dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Dikutip dari Softpedia cia Tekno Liputan6.com, Senin (17/6/2019), Williamson mengatakan Huawei saat ini sedang melakukan uji coba sistem operasi pengganti Android tersebut.

Menurutnya, sistem operasi ini dikembangkan pihak internal Huawei untuk memastikan produknya tetap berjalan. "Huawei sedang dalam proses untuk meluncurkan pengganti (Android)," tutur Williamson dalam wawancara tersebut.

Kendati demikian, dia menyebut Huawei sebenarnya tidak menginginkan hal ini, sebab pihaknya masih senang menjadi bagian dari keluarga Android.

Sayang, dia tidak mengungkap informasi detil terkait sistem operasi tersebut. Namun, sejumlah pihak memprediksi Huawei akan memperkenalkan sistem operasi ini pada akhir 2019 dan memulai debut internasional pada tahun depan.

Dari rumor yang berkembang, sistem operasi ini menggunakan nama Hongmeng dan disebut Ark OS untuk pasar internasional. Reuters menyebut Huawei sudah bergerak cepat dengan mendaftarkan paten nama di sejumlah negara.

Nantinya, sistem operasi Huawei ini masih akan mendukung aplikasi Android, tapi memiliki toko aplikasi khusus. Huawei sendiri sedang dilaporkan merayu para developer untuk membawa aplikasi mereka ke toko aplikasi milik Huawei ini.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar

Baca juga:
OPPO Luncurkan Reno 10x Zoom di Indonesia, Harganya?
Samsung Akan Rilis Tiga Tablet Galaxy Tab Baru
Lock Screen Huawei Kini Berisi Iklan, Pengguna Mengeluh Keras
5 Handphone ini Paling Banyak Dibeli Hingga Tengah Juni 2019
Huawei Akui Tak Mampu Capai Target Pasar Smartphone Tahun Ini
Samsung Ajukan Paten Layar Gulung, Seperti Apa?
Samsung Perkenalkan Galaxy M40, HP Tripel Kamera dan Speaker Laya

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT