Huawei Siapkan 70 Aplikasi Bawaan Untuk Gantikan Layanan Google

Huawei Siapkan 70 Aplikasi Bawaan Untuk Gantikan Layanan Google
TEKNOLOGI | 11 Februari 2020 11:19 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Raksasa teknologi Huawei dilaporkan sedang menyiapkan aplikasi pra-install di smartphone-smartphone besutannya yang akan datang.

Aplikasi yang jumlahnya hingga 70 aplikasi ini akan dipasang untuk menebus kurangnya layanan Google di smartphone Huawei, seperti yang dilansir dari Gizmochina.

Seperti yang diketahui, vendor Tiongkok ini masih dilarang menggunakan perangkat lunak dari perusahaan AS seperti Google. Akhirnya, meski terpasang Android, aplikasi Google tak bisa ditemukan di smartphone Huawei.

Aplikasi-aplikasi ini akan jadi alternatif dari deretan aplikasi populer dari Google, seperti YouTube dan Google Maps. Disebut pula, salah satu alternatif YouTube ini adalah Huawei Video besutan mereka sendiri.

1 dari 2 halaman

Toko Aplikasi

Sebagai pengganti Google Play Store, Huawei sebenarnya memiliki toko aplikasi sendiri yakni Huawei AppGallery. Permasalahannya, jumlah aplikasi di sana hanya 45.000, dibanding 3 juta lebih di Play Store.

Tanpa Play Store, Huawei harus memastikan bahwa aplikasi populer seperti Spotify, Uber, dan lainnya harus ada di AppGallery.

Huawei sendiri sudah membicarakan kerjasama dengan deretan aplikasi alternatif, seperti Tomtom yang merupakan alternatif Google Maps, serta Yandex yang merupakan browser yang bisa mengganti Chrome.

2 dari 2 halaman

Akan Terpasang di Sembilan Smartphone

Huawei disebut berencana melakukan pemuatan aplikasi ini di setidaknya sembilan model smartphone yang bakal rilis empat bulan ke depan.

Laporan menyebut bahwa Huawei akan melakukan strategi ini di smartphone kelas menengah yang menggunakan chipset Kirin 810 dan Kirin 710.

Disebut, strategi berbeda akan diaplikasikan untuk perangkat flagship seperti Huawei P40 Series. (mdk/idc)

Baca juga:
Belum Rilis, Samsung Galaxy S20 Sudah Kalah Dengan Smartphone Ini
Pabrik Berisiko Terinfeksi Corona, Produksi iPhone Akhirnya Tertunda
Oppo Akan Perkenalkan Find X2 Jelang MWC 2020, Ini Spesifikasinya!
Ini Alasan Poco Belum Luncurkan Flagship
Vendor Smartphone Tiongkok Kerja Sama Lawan Dominasi Google Play Store
Tahun Ini, Xiaomi Bakal Rilis 3 Smartphone Snapdragon 865
Samsung Rilis Smartphone Murah Galaxy A01 di Vietnam, Harga 1,6 Juta!

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agar Jiwa Tak Terguncang Karena Corona

5