Huawei 'tackling' Apple dalam penjualan smartphone di kuartal kedua

TEKNOLOGI | 1 Agustus 2018 18:18 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Menggila! Berdasarkan data terbaru dari perusahaan riset IDC, Huawei secara mengejutkan mengirimkan lebih banyak smartphone daripada Apple selama kuartal kedua (April hingga Juni) tahun ini.

Hal ini memungkinkan Huawei melompati Apple sebagai produsen smartphone terbesar kedua di seluruh dunia dikuartal kedua. Di kuartal kedua ini, perusahaan asal China tersebut tercatat mengirimkan 71,5 juta unit yang dikirimkan. Samsung tetap berada di posisi teratas meskipun mengalami penurunan dari tahun ke tahun sebesar 10,4 persen dalam pengiriman. Sammy memiliki 20,9 persen dari pasar salama kuartal tersebut. Namun perlu dicatat, bahwa Samsung Galaxy S9 berkinerja lebih buruk dari pendahulunya. Mungkin itu sebabnya.

Meskipun tidak menjual P20 Pro ke Amerika Serikat, Huawei sukses menjual 54,2 juta smartphone secara global dalam kurun waktu tiga bulan. That was amazing! Keuntungan 40,9 persen dari tahun ke tahun mengambil pangsa pasar global perusahaan dari 11 persen menjadi 15,8 persen. Apple sendiri melaporkan pengiriman 41,3 persen unit iPhone dari April hingga Juni. Peningkatannya minim, hanya 0,7 persen. iPhone memiliki 12,1 persen dari pasar di seluruh dunia selama kuartal kedua kemarin.

Data penjualan smartphone kuartal kedua 2018 - IDC ©2018 IDC

Anda mungkin berpikir bahwa dari lima produsen teratas, Huawei mengalami peningkatan tahun ke tahun terbaik dalam penjualan smartphone di kuartal kedua. Anda salah. Peningkatan terbaik justru dialami oleh Xiaomi yang menjual 31,9 juta smartphone selama 3 tiga bulan. Keuntungan 48,8 persen dari perhitungan tahun lalu 21,4 juta unit. Pangsa pasar Xiaomi adalah 9,3 persen pada kuartal kedua kemarin.

Posisi kelima ditempati oleh OPPO. Vendor China ini menjual smartphone dengan cukup baik. Peningkatannya 5,1 persen dari 28 juta unit di kuartal kedua tahun lalu menjadi 29,4 juta unit.

Secara keseluruhan, 342 juta unit telah terjual di seluruh dunia pada kuartal kedua tahun ini. Angka ini sebenarnya turun 1,8 persen dari 348,2 juta yang dikitimkan selama kuartal kedua tahun lalu. Pengiriman smartphone kini menurun selama tiga kuartal berturut-turut.

Terlepas dari itu semua, kita patut mengapresiasi Huawei yang sukses menjegal Apple dan tentunya Xiaomi dengan pertumbuhannya yang sangat pesat.

Baca juga:
Review Huawei Honor 10, smartphone eksotis kamera siap eksis
Galaxy S9 tak mendongkrak pendapatan konsolidasi Samsung di Q2 2018
Prancis larang penggunaan ponsel di sekolah
Gara-gara P20 Pro, Huawei punya ambisi besar
Huawei Nova 3i dirilis di Indonesia dibanderol harga Rp 4 jutaan
OPPO resmi boyong A3s ke Indonesia
Find X sudah rilis, OPPO F9 dan F9 Pro siap mengikuti

(mdk/ega)