Idea-X The NextDev Surabaya kobarkan perubahan pemikiran industri kreatif nasional

TEKNOLOGI | 27 April 2018 19:53 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Festival kreatif terbesar di Indonesia, Ideafest, membuktikan komitmennya untuk mendukung gerakan kreatif dengan menggelar acara Idea-X The NextDev di Surabaya untuk kali pertama.

Dihelat di SSCC Convention Hall dan Grand Atrium Pakuwon Mall pada 27-28 April, Idea-X The NextDev Surabaya memiliki tema "Shift(Think)?" dan mengajak generasi kreatif Surabaya mengusung semangat perubahan paradigma pemikiran dalam mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif nasional.

Idea-X The NextDev Surabaya 2018 memiliki ragam acara menarik. Selain conference dan Ideatalks yang diisi oleh para praktisi kreatif, juga menghadirkan pameran start-up inspiratif, Texpo, dan Art Space sebagai kolaborasi antara ideafest, skale dan Dewan Kreatif Surabaya. Serta dilengkapi pameran apparel dan aksesoris hasil kerajinan tangan anak muda lokal Indonesia di Curated Market yang dikurasi oleh On Market Go+.

Ben Subiakto, Co-Chairman Ideafest, menjelaskan latar belakang dipilihnya Surabaya sebagai kota pertama digelarnya program ekstensi Ideafest. "Surabaya memiliki potensi ekonomi kreatif sangat besar. Kemunculan para pengusaha muda lokal di berbagai industri kreatif, seperti kuliner dan startup, membuat Surabaya memiliki masa depan menjadi sentra industri kreatif, setelah Jakarta. Inilah yang membuat kami mengangkat tema Shift(Think)? agar para pelaku kreatif di Surabaya dan sekitarnya semakin terinspirasi demi mengubah persepsi pemikiran dalam mengembangkan ekonomi kreatif Indonesia," ujar Ben di Surabaya, Jumat (27/4).

Idea-X The NextDev ©2018 Merdeka.com


Hal senada diungkapkan Adita Irawati, Vice President Corporate Communications Telkomsel, yang menggagas The NextDev sejak 2015. Kata Adita, tema "Shift(Think)?" sangat dekat dengan visi Telkomsel yang mengajak generasi kreatif untuk terus mendobrak pemikiran konvensional ke arah yang lebih inovatif.

Bahkan event Idea-X The NextDev Surabaya ini juga dimanfaatkan Telkomsel untuk menggelar pitching untuk program TheNextDev Talent Scouting, ajang pencarian startup pengembang aplikasi digital. Pada sesi tersebut, para peserta mempresentasikan aplikasi digital karya mereka yang bisa berdampak sosial positif bagi masyarakat Indonesia.

"Harapan kami, kolaborasi ini dapat membawa semangat perubahan lebih luas lagi, sehingga pertumbuhan gerakan ekonomi kreatif semakin merata hingga ke seluruh penjuru Tanah Air," jelas Adita.

Tema "Shift(Think)?" semakin intens dengan kehadiran pembicara yang dikenal dengan pemikiran 'out of the box', seperti Christian Sugiono, Founder Malesbanget.com.

"Kehadiran festival kreatif seperti Idea-X The NextDev Surabaya merupakan satu momentum bagi pelaku kreatif untuk mendapatkan inspirasi atau sekadar sharing dengan sesama pelaku kreatif lainnya. Dengan total 29 sesi yang diisi lebih dari 40 praktisi kreatif tanah air, saya yakin Idea-X The NextDev Surabaya memiliki hal yang diinginkan dan dibutuhkan generasi kreatif Surabaya," ungkap Christian.

Selain Christian Sugiono, pembicara lain di acara dua hari ini, antara lain Andy F. Noya, Dimas Djayadiningrat, Ika Natassa, Yoris Sebastian, Erastus Radjimin, Billy Boen, Devina Aurel, Bayu Skak, Agung Hapsah, Benazio Putra, dan masih banyak lagi.

"Kami percaya bahwa Surabaya memiliki potensi kreatif sangat besar. Semoga Idea-X The NextDev Surabaya dapat membawa angin segar bagi para pelaku industri kreatif, serta dapat memunculkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perkembangan ekonomi kreatif nasional," pungkas Ben Subiakto.

(mdk/ara)