Incognito Mode Hadir di Google Maps, Search, dan YouTube

TEKNOLOGI | 9 Mei 2019 16:20 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Salah satu pengumuman penting Google dalam ajang Google I/O 2019 adalah kehadiran Incognito Mode untuk Google Maps.

Bagi pengguna layanan Google, nama tersebut tentu tidak asing karena sudah memang sudah cukup lama tersedia di Chrome. Namun kali ini, Google memboyong kemampuan tersebut ke aplikasi Maps. Upaya ini disebut merupakan langkah Google menghargai keamanan dan privasi para pengguna layanannya.

"Privasi dan keamanan merupakan fondasi dari semua yang kami lakukan," tutur CEO Google Sundar Pichai seperti dikutip dari Venture Beat via Tekno Liputan6.com, Rabu (8/5/2019). Selain Maps, fitur ini lebih dulu dihadirkan Google di aplikasi YouTube dan Google Search.

Pada dasarnya, modus ini memang tidak sepenuhnya menghentikan pelacakan aktivitas pengguna. Kendati demikian, dengan mengaktifkan modus ini, aktivitas tersebut setidaknya tidak tersimpan dan dihubungkan ke profil pengguna.

Dengan kata lain, Google memberikan kesempatan pengguna mengontrol hal yang dicarinya. Untuk memudahkan pengguna, pengaturan modus ini dapat diakses langsung dari profile picture pengguna.

Tidak hanya itu, perusahaan juga mengungkapkan secara resmi kehadiran fitur untuk memudahkan pengguna menghapus riwayat dan lokasi dari akun Google miliknya.

Melalui fitur ini, pengguna dapat mengatur secara manual atau otomatis penghapusan aktivitas akun miliknya. Google menyediakan durasi penyimpanan aktivitas mulai dari tiga bulan hingga 18 bulan, sebelum seluruhnya dihapus secara otomatis.

Fitur ini disebut akan hadir untuk pengguna dalam beberapa minggu ke depan. Google juga menyebut fitur ini merupakan langkah awal, sehingga tidak tertutup kemungkinan fitur serupa akan hadir untuk layanan lain.

Sumber: Tekno Liputan6.com
Reporter: Agustinus Mario Damar (mdk/idc)

Baca juga:
9 Aplikasi Terbaik yang Menang Google Play Awards 2019
Di Google Maps, Rumah Prabowo Berubah Jadi Republik Kertanegara
Google Gelontorkan Rp 17 Miliar Demi Keamanan Sang CEO
Fitur Baru Google Maps Bakal Suguhi Rekomendasi Kuliner
Rekam Riwayat Brosing dan Lokasi Google Akan Terhapus Otomatis
Kemampuan Coding Anak 10 Tahun Curi Perhatian Google, Facebook & Microsoft
Insiden Crane Jatuh di Proyek Google Tewaskan 4 Orang

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.