Ini Deretan Dampak Besar Virus Corona di Industri Teknologi

Ini Deretan Dampak Besar Virus Corona di Industri Teknologi
TEKNOLOGI | 21 Februari 2020 00:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Persebaran virus corona tak bisa dimungkiri sangat berdampak pada industri teknologi. Hal ini karena manufaktur teknologi yang sebagian besar berpusat di Tiongkok, tempat persebaran awal corona.

Deretan perusahaan terpaksa menemui kemoloran waktu produksi, hingga kemungkinan untuk terlambatnya waktu rilis.

Terakhir, gelaran teknologi mobile terbesar dunia yakni MWC 2020 akhirnya juga batal digelar karena cabutnya para peserta yang merupakan vendor teknologi terkemuka.

Nah, firma penyedia data analisis rantai pasokan teknologi bernama TrendForce telah mengeluarkan laporan soal prediksi dampak wabah corona selama beberapa waktu terakhir.

Melansir The Verge, laporan ini menilai beberapa komponen dan kategori produk yang terdampak corona. Berikut ringkasan ulasan dari laporan TrendForce.

1 dari 4 halaman

Produksi Smartphone dan Gadget Mobile Menurun

dan gadget mobile menurun

Diprediksi, produksi smarpthone akan menurun 12 persen secara year-on-year pada kuartal pertama ini. Jika benar, ini akan jadi angka terendah dalam lima tahun terkahir.

Rantai pasokan sendiri sangat bergantung pada kinerja pegawai. Sehingga diliburkannya para pegawai karena corono, sangat memukul suplai rantai dari pasokan ke vendor.

Disebut, beberapa komponen utama seperti modul kamera smartphone yang lamabat diproduksi, yang jadi faktor utama penghambat produksi smartphone.

Selain smartphone, smartwatch dan laptop PC jadi sektor yang juga terhambat karena masalah yang sama.

2 dari 4 halaman

Pemasok Fiber Optik Berbasis di Wuhan

optik berbasis di wuhan

Ternyata, banyak sekali pemasok perangkat fiber optik berbasis di Wuhan, tempat di mana virus corona berasal. Jika dihitung instrumen fiber optik yang berasal dari Wuhan berkontribusi ke 25 persen produksi global di bidang fiber optik.

Jadi, industri telekomunikasi jadi sektor yang paling keras terhantam corona. Perilisan 5G di Tiongkok sendiri sudah terdampak mengingat kebutuhan besar untuk instrumen fiber optik seperti kabel serat optik sedang terhambat.

3 dari 4 halaman

Industri Chip Memori Terhambat

memori terhambat

DRAM dan NAND flash, yang merupakan inti dari chip memori, pasarnya juga sedang tergoyahkan corona. Pasalnya, terjadi penumpukan material karena pegawai libur.

Pabrikan semiconductor seperti Samsung dan SK Hynix yang mengoperasikan produksi kepingan memori ini sebenarnya sebagian besar beroperasi dengan kinerja robot. Permasalahannya operatornya tetap membutuhkan manusia.

4 dari 4 halaman

Video Game Jadi Salah Satu yang Terburuk

jadi salah satu yang terburuk

Dampak terburuk terjadi di sektor video game konsol. Pasalnya, tak seperti smartphone, konsol video game permintaannya tetap tinggi tanpa berpengaruh soal konsol apa yang akan rilis di masa mendatang.

Jadi, PS5 dan Xbox Series X sebenarnya tak terganggu karena perilisannya masih di musim liburan akhir tahun, namun permintaan PS4 dan Xbox One yang masih tinggi membuat pasokannya buntu. (mdk/idc)

Baca juga:
Ini Dua Skema Kemkominfo Terkait Uji Pemblokiran Ponsel BM
Kecerdasan Buatan Sumbang Pengaruh Besar Untuk Wikipedia
AS Duga Huawei Sempat Berencana Curi Teknologi Kompetitor
Mengenal Pinched Fingers, Emoji Baru yang Punya Banyak Makna
10 Macam-Macam Pekerjaan yang Akan Hilang di Masa Depan
Pengguna Segera Dapat Unggah Sendiri Koleksi Lagu ke Youtube Music
Wujud Gedung Dua Lantai yang Dibangun dengan Printer 3D di Dubai

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami