Ini Ketahanan Baterai iPhone 12 Pro, Tak Cocok Untuk Ngegame?

Ini Ketahanan Baterai iPhone 12 Pro, Tak Cocok Untuk Ngegame?
iPhone 12 Pro. ©2020 Apple via Phone Arena
TEKNOLOGI | 3 November 2020 08:25 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - iPhone 12 Pro hadir dengan paduan desain elegan dan juga fitur yang premium. iPhone terbaru ini benar-benar jadi topik menarik belakangan ini karena kecanggihannya didukung oleh desain ala iPhone 5 yang semua orang suka.

Namun salah satu kekurangan pertama, tentu berkurangnya kapasitas baterai yang terlihat dari dimensi iPhone yang tak setebal keluaran tahun lalu. Kali ini, iPhone 12 Pro memiliki kapasitas baterai 2.815mAh.

Dalam uji coba yang dibesut Phone Arena, Apple berhasil mengefektifkan ketahanan baterai ini meskipun kapasitasnya kecil. Dalam penggunaan moderat, baterai berhasil bertahan dalam satu setengah hari.

Hal ini terjadi berkat chipset 5 nanometer A14 Bionic yang hanya butuh tenaga yang lebih kecil. Hal ini juga membuat ketahanan baterai iPhone 12 Pro menang ketimbang iPhone 11 Pro dan iPhone 11 keluaran tahun lalu.

Meski dalam pemakaian moderat iPhone 12 Pro menang, di pemakaian berat perangkat ini masih kurang ketimbang perangkat apapun yang menggunakan baterai besar.

Dari uji coba, ketika memutar Youtube terus menerus, iPhone 12 Pro hanya bertahan enam setengah jam saja. Selain itu, ketika digunakan untuk main game dengan grafis 3D, iPhone 12 Pro hanya bertahan tiga jam saja.

Ini adalah angka yang sangat jauh dibanding banyak pesaing, bahkan dengan iPhone keluaran tahun lalu. Namun sekali lagi, ini adalah masalah kapasitas baterai yang memang kecil.

Jadi, jika Anda pengguna iPhone sekaligus gamer, yang paling cocok masih iPhone 11 Pro. Karena meski iPhone 12 Pro punya kekuatan yang berlebih untuk main gim, baterainya yang masih kurang kuat.

Ini berita baik jika Anda pengguna iPhone yang biasa saja: berjejaring sosial, streaming Youtube, mendengarkan podcast kala bepergian, serta email dan chat untuk bekerja. iPhone 12 Pro akan sangat baik memberi Anda waktu satu hari penuh tanpa cas.

2 dari 2 halaman

Kapasitas Baterai iPhone 12 Series

Setelah spekulasi sejak lama, Apple akhirnya mengungkap kapasitas baterai dari iPhone 12 Series. Sudah jadi 'tradisi' bagi Apple untuk tidak terlalu berbagi lembar spesifikasi di acara peluncurannya, dan lebih fokus ke fitur utama.

Kali ini, Apple sedikit mereduksi kapasitas baterai di iPhone 12 untuk mengakomodir komponen antena 5G, modem, dan juga kamera yang lebih besar. Dimensinya pun sedikit mengecil ketimbang iPhone 11 series. Jadi nampak masuk akal kalau ukuran baterainya mengecil.

Meski demikian, Apple kali ini menyematkan layar OLED secara keseluruhan yang membuatnya lebih hemat baterai. Selain itu, prosesor 5 nanometer tentu lebih hemat daya. Optimasii aplikasi seperti streaming video, makin dimaksimalkan pula oleh Apple.

Melansir Phone Arena, Apple bahkan mengklaim kalau ketahanan baterai dari iPhone 12 series akan setara dengan iPhone 11 series yang telah terbukti punya ketahanan baik. Hal ini terkecuali iPhone 12 mini yang karena ukurannya kecil, tentu kapasitas baterai yang paling utama jadi korban.

Berikut kapasitas baterai dari iPhone 12 series:

  • iPhone 12: 2.815mAh
  • iPhone 12 mini: 2.227mAh
  • iPhone 12 Pro: 2.815mAh
  • iPhone 12 Pro Max: 3.687mAh
(mdk/idc)

Baca juga:
Buruan, Erajaya Kasih Diskon Smartphone hingga Rp 2,5 Juta di OOTD
Riset Counterpoint sebut Realme Merek Smartphone dengan Pertumbuhan Tercepat
Keunggulan Gunakan Perangkat TWS
Ada Kebocoran Data Pelanggan Online Kylie Cosmetics, Dicuri Karyawan
Ini Rumor Kapasitas Baterai Samsung Galaxy S21 Ultra
Oppo Berekspansi ke Afrika Selatan
Harga Jual Smartphone Rata-Rata Naik di Pertengahan 2020

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami