Ini Penjelasan Ilmiah Mengapa Kucing Dibuang Bisa Pulang ke Rumah

TEKNOLOGI | 13 November 2019 15:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Kucing adalah hewan yang disebut sulit dibuang. Jika kita membuang hewan sahabat manusia tersebut ke tempat yang tak seberapa jauh, dengan mudah hewan berkaki empat itu kembali ke rumah kita.

Meski banyak yang mengatakan ini ada kaitannya dengan hal-hal gaib, ternyata ada penelitian yang bisa menjelaskan fenomena tersebut.

Salah satu kisah kucing kembali pulang ke rumah dialami oleh keluarga Hicks dari Australia. Pada tahun 1978, kucing persia bernama Howie tertinggal saat keluarga Hicks berlibur.

Namun, 12 bulan kemudian, Howie muncul di rumah keluarga Hicks. Dari tempat mereka berlibur hingga ke rumah mereka, Howie ditaksir berjalan sejauh 1.609 kilometer melewati daratan gersang Australia yang terkenal berbahaya.

Hal ini benar-benar bisa dijelaskan, berikut ulasannya!

1 dari 2 halaman

'Kekuatan Super' Kucing

Berdasarkan penelitian Matthijs van der Meer dari University of Waterloo, mengungkapkan bila ada beberapa kemampuan spesial kucing yang membuat mereka ingat jalan pulang meski jaraknya sangat jauh. Kemampuan itu adalah 'memory', 'landmark', 'navigasi takson', dan 'mental map'

Kucing disebut Matthijs memiliki ingatan (memory) yang kuat akan hal-hal di sekitar mereka. Saat dibawa kemana-mana, mereka bisa mengingat jalan hingga posisi tempat-tempat yang mereka lalui.

Selain itu, ilmuwan juga memprediksi bila hewan peliharaan ini mempunyai indera khusus yang bisa merasakan gaya magnet meski lemah. Indera ini berguna untuk menentukan di arah mana laut berada (landmark). Dengan pedoman posisi arah laut, kucing bisa berjalan tanpa khawatir salah arah.

2 dari 2 halaman

Kucing si Ahli Navigasi

Kucing seperti banyak hewan lain, memiliki kemampuan dasar hewani bernama navigasi takson. Singkatnya, itu adalah kemampuan untuk merasakan arah lokasi target yang dituju.

Untuk membuat prediksi lokasi semakin tepat, kucing menggunakan berbagai indera mereka, mulai dari penglihatan sampai penciuman. Akan tetapi jangan kira kucing tidak pernah salah ambil jalan.

Menariknya, kesalahan mengambil arah pulang bisa menguatkan peta imajinatif (mental map) yang ada di otak mereka. Ya, mental map membuat mereka tidak mudah melakukan kesalahan pengambilan jalan yang sebelumnya tidak sengaja dilakukan.

Nah, keempat kemampuan kucing tadi membuat kucing ini memiliki 'sistem pencari alamat' yang hebat. Oleh karena itu, jangan sampai tega untuk membuang makhluk hidup sehebat ini ya! (mdk/idc)

Baca juga:
Orang Kidal Lebih Cerdas, Mitos Atau Fakta?
Polusi Cahaya di Perkotaan Makin Parah, Bisakah 'Dibersihkan?'
Hypebeast Ramah Lingkungan, Sepatu Besutan Kanye West Ini Gunakan Busa dari Ganggang
Penjelasan Ilmiah Mengapa Air Dingin Mampu Segarkan Dahaga
Upaya Para YouTuber Mulia Tanam 20 Juta Pohon
NASA Siapkan Proyek Untuk Deteksi Air di Bulan
Anjing dan Kucing, Mana yang Lebih Cerdas?