Ini Ranking iPhone Terbaik Berdasarkan Spesifikasi dan Harga!

TEKNOLOGI | 26 Juli 2019 14:20 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Jika Anda ingin membeli iPhone baru, Apple kini hanya menjual tujuh varian iPhone saja.

Ketujuh varian tersebut adalah duo iPhone XS dan Max, XR, 8 dan 8 Plus, serta 7 dan 7 Plus. iPhone X sudah tak lagi dijual oleh Apple karena spesifikasi yang terlalu dekat dengan iPhone XS.

Selain iPhone X, beberapa nomor yang telah dihentikan oleh Apple adalah iPhone SE, iPhone 6, dan iPhone 6S beserta versi plusnya.

Nah, jika Anda ingin mengetahui apa yang harus Anda beli, berikut kami buatkan rankingnya, berdasarkan dua pertimbangan: harga dan juga spesifikasi mana yang paling 'worth it.' Berikut ulasannya.

1 dari 7 halaman

iPhone XR

Pilihan terbaik untuk membeli iPhone saat ini adalah iPhone XR. Nilai 'worth it' dari iPhone XR sulit dipungkiri karena ini adalah iPhone terbaru dan juga paling murah.

iPhone ini memiliki fitur-fitur terbaik iPhone, seperti pengecasan nirkabel, kamera terbaik (meski tidak dual), anti air, Face ID, serta layar yang lebar.

Salah satu fitur terbaik adalah baterai yang sangat awet seharian. Baterai ini juga telah dinobatkan sebagai salah satu dengan ketahanan terbaik dibanding banyak kompetitornya.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan deretan pilihan warna menarik, seperti red, coral, yellow, blue, white, dan black.

Soal harga, iPhone XR resmi dibanderol mulai dari Rp 14,7 juta.

2 dari 7 halaman

iPhone 7 Plus

iPhone 7 Plus adalah pilihan terbaik kedua yang bisa Anda beli. Pasalnya, Anda mendapatkan kamera terbaik iPhone dengan dual kameranya, layar besar, anti air, dan baterai yang cukup besar.

Kekurangannya tentu soal prosesornya yang sudah berumur dua tahun. Namun jangan khawatir, prosesor ini masih sangat bertenaga dan lebih baik ketimbang banyak prosesor upper midrange lainnya.

Kekurangan kedua tentu desainnya yang sudah agak jadul yakni berbezel tebal. iPhone ini juga tak bisa mengecas nirkabel.

Namun jika Anda bisa menerima kekurangan tersebut, ini adalah iPhone yang cukup murah. Memang kalau dibeli secara resmi, Anda masih harus membayar Rp 9 Juta, namun Anda bisa membelinya di e-commerce terpercaya dengan harga Rp 4,5 - 5 Juta saja.

3 dari 7 halaman

iPhone XS

iPhone XS adalah pembaruan dari iPhone X yang lahir tahun lalu. Tak bisa dimungkiri, ini adalah iPhone terbaik yang pernah ada.

iPhone XS memiliki layar OLED yang lebar, kamera terbaik. serta fitur futuristik seperti pengecasan nirkabel, anti air, dan Face ID.

Permasalahannya, iPhone XS cukup mahal. Harganya dibanderol Rp 22,6 juta untuk storage 256GB.

4 dari 7 halaman

iPhone 7

iPhone 7 jadi salah satu iPhone terbaik yang bisa Anda dapat, namun akan sangat 'nanggung' jika Anda tak mengambil satu generasi iPhone serupa namun lebih baik yakni iPhone 7 Plus.

Pasalnya, hampir semua fitur sama. Kecuali iPhone 7 hanya memiliki satu kamera dan layarnya lebih kecil.

Kelebihannya, harganya sedikit lebih murah. Di e-commerce terpercaya, harganya bisa mencapai Rp 3,5 juta hingga Rp 4 juta.

5 dari 7 halaman

iPhone 8

iPhone 8 adalah iPhone yang tidak terlalu menarik untuk dibeli, karena ini adalah versi update dari iPhone 7. Perbedaannya, terletak di prosesor yang lebih baik, kamera yang juga lebih baik, serta pengecasan nirkabel.

Namun selebihnya, harga lebih mahal. Jadi jika Anda menyukai betapa compact ukuran iPhone 8, iPhone 7 pun bisa Anda dapatkan dengan fitur yang tak kalah bagus dengan harga lebih murah.

6 dari 7 halaman

iPhone XS Max

iPhone XS Max memang iPhone terbaik saat ini. Namun jika mempertimbangkan soal harga, kocek yang Anda rogoh untuk mendapatkan iPhone ini sungguhlah dalam.

iPhone XS Max dibanderol seharga Rp 24,6 juta untuk storage 256GB. Sebagai gambaran, dengan harga ini Anda bisa mendapatkan iPhone XR ditambah iPhone 7 Plus yang semuanya baru dan bergaransi.

Namun, jika Anda memutuskan membeli ini, memang Anda akan mendapatkan kualitas terbaik iPhone. Ditambah jika Anda pecinta ponsel ukuran besar, karena ukuran dari iPhone XS Max cukup besar dengan layar penuh.

7 dari 7 halaman

iPhone 8 Plus

Kami sudah menyinggung di atas bahwa membeli iPhone 8 rasanya adalah hal yang kurang tepat, mengingat ini adalah versi update dari iPhone 7. Begitu juga di versi plusnya, yakni iPhone 8 Plus.

Ketika membeli iPhone 7 Plus adalah keputusan terbaik yang bisa diambil, tentu mengambil iPhone 8 Plus adalah keputusan yang bisa dibilang kurang cermat. Mengapa mengambil produk yang sama-sama lama (terutama soal desain) namun jauh lebih mahal?

Namun tetap, keputusan ada di tangan Anda. Mana yang terbaik menurut Anda?

(mdk/idc)