Instagram Kembangkan Fitur Baru, 'Pinjam' Dari TikTok

TEKNOLOGI | 12 September 2019 16:37 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Salah satu platform berbagi foto dan video yakni Instagram, dilaporkan sedang mengerjakan fitur baru untuk Stories.

Namun, Instagram disebut mengembangkan fitur serupa dengan apa yang dimiliki oleh aplikasi yang kini sedang populer di kalangan anak muda, Tik Tok.

Melansir Business Insider, fitur baru ini diberi nama "Clips". Fitur ini pertama kali ditemukan oleh Jane Manchung Wong yang merupakan seorang reverse engineer. Ia seringkali menemukan fitur-fitur baru yang belum dirilis media sosial.

Fitur Clips ini memungkinkan pengguna untuk memposting video di Instagram Stories yang telah direkam sebelumnya. Fitur ini juga memungkinkan kita untuk mengedit, memberi musik, serta menyesuaikan panjang dan kecepatan.

Fitur ini sama persis dengan milik TikTok. TikTok sendiri merupakan platform yang sangat populer, dengan lebih dari 1 miliar unduhan saat ini. Pengguna TikTok biasa menggunakan fitur ini untuk membuat konten mulai dari sketsa komedi hingga sekadar mengover lagu.

1 dari 1 halaman

Bukan Pertama Kali

Instagram sendiri memiliki rekam jejak untuk meniru fitur aplikasi lain. Salah satu yang paling jelas adalah Instagram Story yang sebelumnya populer di Snapchat dengan nama Snapchat Story.

Selain itu, deretan fitur seperti live video dan fitur messaging baru yang membuat pengguna bisa secara privat membagi pesan yang bisa langsung hilang, juga mirip milik Snapchat. (mdk/idc)

Baca juga:
Kata Selebgram Jika Facebook & Instagram Terapkan Kebijakan Hapus Jumlah Likes
Mengintip Panorama Kawah Gunung Api Aktif di Lembata NTT yang Instagramable
Setelah Instagram, Facebook Segera Hilangkan Likes
Aplikasi Pendamping Instagram sedang Disiapkan Facebook
Instagram Ajak Peneliti Keamanan Basmi Penyalahgunaan Data
Instagram Siapkan Fitur Baru Pelaporan Misinformasi
Fitur Baru WhatsApp yang Mirip Aplikasi Lain

TOPIK TERKAIT