iOS 14 Boros Baterai? Ini Cara Mengatasinya Menurut Apple

iOS 14 Boros Baterai? Ini Cara Mengatasinya Menurut Apple
iOS 14. ©2020 Apple
TEKNOLOGI | 30 Oktober 2020 15:34 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Pembaruan sistem operasi seringg membawa kekurangan tertentu. Pembaruan milik Apple yakni iOS 14 pun demikian, di mana beberapa keluhan muncul dari pengguna.

Mengutip laman The Verge via Tekno Liputan6.com, ada pengguna yang mengeluhkan berbagai hal sejak mereka memperbarui sistem operasi perangkatnya. Keluhan yang diungkap pengguna antara lain adalah kehilangan data fitness, tak bisa membuka aplikasi kesehatan, laporan yang tidak akurat, dan yang paling parah adalah baterai iPhone dan Apple Watch yang cepat habis.

Para pengguna mencuitkan baterai perangkatnya sangat cepat habis setelah update ke iOS 14. Salah satu pengguna menyebut, baterainya berkurang drastis dari 90 persen ke 3 persen dalam satu jam.

Apple telah menghadirkan satu perbaikan bug di versi 14.0.1, namun tidak ada solusi untuk memperbaiki baterai yang cepat habis itu.

Apple pun menyarankan pengguna yang mengalami satu atau dua masalah di atas untuk meng-unpair iPhone dan Apple Watch, kemudian mem-backup data ke iCloud.

Selanjutnya Apple menyarankan pengguna untuk menghapus semua konten dari iPhone mereka, lalu pengguna diminta memulihkan kembali data iPhone dan Apple Watch dari iCloud.

Apple pun menyarankan pengguna untuk mengikuti instruksi di atas untuk mencegah kehilangan data di masa mendatang.

Sementara, pengguna yang belum memperbarui sistem operasi ke iOS 14 disarankan untuk tidak meng-update perangkat mereka hingga Apple menghadirkan perbaikan atas masalah-masalah di atas.

2 dari 2 halaman

Adopsi Tinggi

Dalam waktu beberapa hari saja, angka adopsi iOS 14 telah menyentuh 26,8 persen dari jumlah perangkat yang ada. Mixpanel menyebut angka adopsi ini tampaknya melampaui adopsi iOS 13 setelah 5 hari digulirkan pada tahun lalu. Saat itu, dalam lima hari kehadirannya, iOS 13 dipasang di 20 persen iPhone yang ada di dunia.

Perlu diketahui, pada 16 September lalu, Apple resmi merilis iOS 14 untuk iPhone dan iPod Touch, serta iPadOS 14 untuk iPad.

Disebutkan, yang membuat iOS 14 lebih cepat diadopsi karena kehadiran berbagai fitur barunya. Misalnya, opsi kustomisasi Home Screen yang baru serta kemampuan untuk mengatur email dan browser pihak ketiga sebagai sistem default di iPhone.

Data Mixpanel sendiri memasukkan adopsi iPadOS 14 yang diestimasi berdasarkan analisis penggunaan website dan aplikasi.

Biasanya selain dari perusahaan riset, pihak Apple juga merilis angka adopsi iOS terbaru. Namun perilisan angka adopsi ini dilakukan sekitar 1 bulan setelah perilisan iOS 14.

Sumber: Liputan6.com
Reporter: Agustin Setyo Wardani (mdk/idc)

Baca juga:
Apple Gugat Perusahaan Daur Ulang Karena Jual iPhone Bekas
Apple Bakal Gunakan Baterai Hidrogen Untuk iPhone dan MacBook?
Airbnb Gandeng Jony Ive Untuk Kolaborasi Jangka Panjang
Akhirnya Diungkap Apple, Ini Kapasitas Baterai iPhone 12 Series
Fitur 'Terbaik' iOS 14 ini Dilaporkan Masih Belum Bisa Dipakai Pengguna
iPhone 12 mini Punya Permintaan Tinggi, Apakah Android Bakal Mengikuti?
Adopsi iOS 14 Lebih Dari Seperempat Pengguna iPhone

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami