iPhone 12 Kalah Ngebut Dari iPhone 11 dan iPad Air Terbaru

iPhone 12 Kalah Ngebut Dari iPhone 11 dan iPad Air Terbaru
TEKNOLOGI | 19 Oktober 2020 14:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - iPhone 12 terbaru menggunakan prosesor baru Apple yakni A14 Bionic. Ini adalah chipset berbasis 5 nanometer pertama yang tersedia secara komersial. Sebelumnya, Apple menyematkan chipset ini di tablet terbaru besutannya yakni iPad Air 4.

Di atas kertas, Apple mengklaim bahwa CPU dan GPU dari chipset ini 50 persen lebih cepat dari smartphone pesaing. Bahkan, kinerjanya mampu menantang performa laptop. Namun apakah benar?

Melansir laporan dari Phone Arena yang mengutip situs benchmark AnTuTu, mengungkap bahwa kinerja iPhone 12 'belum' maksimal. Dicurigai bahwa APple membatasi kinerja A14 Bionic di iPhone 12.

Pasalnya, AnTuTu menyebut bahwa iPad Air 4 mencetak nilai lebih baik di tes benchmark ketimbang iPhone 12. Padahal, keduanya didukung chipset samma dengan konfigurasi memori yang sama. Tercatat, iPad Air 4 17 persen lebih cepat ketimbang iPhone 12, yang terdiri dari 9,5 persen lebih baik secara performa dan 30 persen lebih baik secara grafis.

Pembatasan performa di iPhone 12 ini dicurigai dilakukan Apple agar baterai tidak cepat panas. Mengingat performa yang luar biasa ini ditopang dengan baterai yang kapasitasnya cukup kecil. Seperti diketahui, iPhone 12 kembali menurunkan kapasitas baterai untuk membawa desain yang lebih 'mengotak'.

Kecurigaan ini terbukti dengan adu kinerja antara iPhone 12 dengan iPhone 11 Pro. Meski di sektor performa iPhone 12 lebih cepat, iPhone 11 Pro menang di sektor GPU atau grafis. Padahal, GPU iPhone 12 jauh lebih baik daripada iPhone 11 Pro.

Kembali, diduga meski iPhone 11 Pro punya prosesor yang umurnya sudah setahun, kinerjanya maksimal karena kapasitas baterai yang lebih besar.

Baca Selanjutnya: Pilih Varian iPhone 12 Apa?...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami