iPhone 12 Kalah Ngebut Dari iPhone 11 dan iPad Air Terbaru

iPhone 12 Kalah Ngebut Dari iPhone 11 dan iPad Air Terbaru
iPhone 12 mini. ©2020 Apple via TonsGuide
TEKNOLOGI | 19 Oktober 2020 14:00 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - iPhone 12 terbaru menggunakan prosesor baru Apple yakni A14 Bionic. Ini adalah chipset berbasis 5 nanometer pertama yang tersedia secara komersial. Sebelumnya, Apple menyematkan chipset ini di tablet terbaru besutannya yakni iPad Air 4.

Di atas kertas, Apple mengklaim bahwa CPU dan GPU dari chipset ini 50 persen lebih cepat dari smartphone pesaing. Bahkan, kinerjanya mampu menantang performa laptop. Namun apakah benar?

Melansir laporan dari Phone Arena yang mengutip situs benchmark AnTuTu, mengungkap bahwa kinerja iPhone 12 'belum' maksimal. Dicurigai bahwa APple membatasi kinerja A14 Bionic di iPhone 12.

Pasalnya, AnTuTu menyebut bahwa iPad Air 4 mencetak nilai lebih baik di tes benchmark ketimbang iPhone 12. Padahal, keduanya didukung chipset samma dengan konfigurasi memori yang sama. Tercatat, iPad Air 4 17 persen lebih cepat ketimbang iPhone 12, yang terdiri dari 9,5 persen lebih baik secara performa dan 30 persen lebih baik secara grafis.

Pembatasan performa di iPhone 12 ini dicurigai dilakukan Apple agar baterai tidak cepat panas. Mengingat performa yang luar biasa ini ditopang dengan baterai yang kapasitasnya cukup kecil. Seperti diketahui, iPhone 12 kembali menurunkan kapasitas baterai untuk membawa desain yang lebih 'mengotak'.

Kecurigaan ini terbukti dengan adu kinerja antara iPhone 12 dengan iPhone 11 Pro. Meski di sektor performa iPhone 12 lebih cepat, iPhone 11 Pro menang di sektor GPU atau grafis. Padahal, GPU iPhone 12 jauh lebih baik daripada iPhone 11 Pro.

Kembali, diduga meski iPhone 11 Pro punya prosesor yang umurnya sudah setahun, kinerjanya maksimal karena kapasitas baterai yang lebih besar.

2 dari 2 halaman

Pilih Varian iPhone 12 Apa?

Tahun ini, Apple merilis lebih banyak iPhone dari biasanya. Pasalnya, selain merilis empat model baru untuk iPhone 12, Apple juga merilis iPhone SE setengah tahun yang lalu.

Tentu setelah urusan budget beres, memilih mana iPhone yang cocok untuk kita jadi lebih membingungkan dari biasanya. Pasalnya kesemua iPhone yang dirilis kali ini mempunyai masing-masing keunggulan.

Namun kali ini, kita coba untuk melihat satu per satu empat model terbaru iPhone 12, dan cari tahu mana yang paling cocok untuk Anda. Berikut rekomendasi dari Merdeka.com soal cara memilih iPhone 12 terbaru.

iPhone 12 dan iPhone 12 mini

Opsi paling menarik tentu adalah iPhone 12. Posisi iPhone 12 jauh lebih baik dari iPhone 11 kala perangkat tersebut dirilis tahun lalu, karena iPhone 12 sudah membawa layar OLED yang resolusinya tajam. Hal ini sama sekali tak dimiliki iPhone 11 tahun lalu. Jadi, jika iPhone 11 tahun lalu bisa dicoret dari pertimbangan karena layar yang biasa saja, kali ini, iPhone 12 tidak bisa. Pertimbangan makin sulit.

Membeli iPhone 12 adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin uggrade smartphone. Bahkan dari iPhone 11 sekalipun. Pasalnya, peningkatan signifikan di segala lini disematkan dengan baik oleh Apple di iPhone 12.

Nah, jika Anda tidak terlalu melakukan gaming, streaming konten video, dan bahkan benci layar ukuran besar, iPhone 12 mini adalah pilihan paling tepat dan juga lebih murah. iPhone 12 mini mengusung kekuatan yang sama persis dengan iPhone 12 kecuali layar yang lebih kecil dengan kerapatan piksel yang tentu lebih kecil juga.

iPhone 12 Pro dan Pro Max

iPhone 12 Pro mengusung bahasa desain yang mirip dengan iPhone 12 reguler, namun punya beberapa fitur Pro yang jauh lebih baik. Mulai dari bodi baja tahan karat alih-alih aluminium, kecerahan layar yang jauh lebih baik, kemampuan fotografi yang lebih baik, terutama jika Anda fotografer atau videografer pro, serta adanya sensor LiDAR.

Jadi, Anda cocok membeli perangkat iPhone 12 Pro jika Anda fotografer atau videografer, sehingga ini adalah iPhone yang paling cocok untuk konten kreator. Hal ini dikarenakan fitur videografi yang dapat merekam Dolby Vision HDR serta pemanfaatan format RAW oleh komputasi canggih dari prosesor A14 Bionic terbarunya.

iPhone 12 Pro Max sendiri selain ukurannya lebih besar, terdapat sedikit perbedaan yang membuatnya lebih baik dari seri Pro biasa. Hal ini berupa sensor baru untuk kamera ultra wide, zoom optikal yang lebih baik di kamera telefoto (2,5x), serta stabilisasi optikal di kamera utama yang (diduga) jauh lebih baik, yakni teknologi sensor shift.

Pilih yang mana? (mdk/idc)

Baca juga:
Ada Empat Model iPhone 12 Terbaru, Ini Cara Pilih yang Cocok Buatmu
iPhone 12 mini Adalah Perangkat Mungil yang Kehadirannya Ditunggu
Sadar Isu Lingkungan, Apple Tak Sertakan Charger dan Kecilkan Box
Kecanggihan Layar iPhone 12, Mulai Layar OLED Hingga Proteksi Keramik
iPhone 12 Pro dan Pro Max Diperkenalkan, iPhone Dengan Fitur Paling Pro
Apple Perkenalkan iPhone 12 Mini, Smartphone 5G Terkecil di Dunia
Zuckerberg Kritik App Store dan Puji Play Store, Mengapa?

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami