iPhone 2019 Diprediksi Turun Harga, Ini Sebabnya!

iPhone 2019 Diprediksi Turun Harga, Ini Sebabnya!
iPhone XS. ©Engadget
TEKNOLOGI | 13 November 2018 15:56 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - iPhone tak bisa dipungkiri merupakan smartphone termahal yang ada saat ini. Ketika masuk Indonesia, diprediksi varian terbaik dari iPhone XS Max akan menyentuh angka 28 juta Rupiah.

Namun tradisi harga meroket dari iPhone ini diharapkan tidak berlanjut di tahun mendatang. Pasalnya, menurut analis Apple papan atas yakni Ming-Chi Kuo, iPhone yang rilis pada 2019 nanti akan mengusung teknologi antena yang sedikit berbeda.

Di 2018 ini, tiga buah iPhone besutan Apple yakni iPhone XS, XS Max, dan XR, semuanya menggunakan enam buah antena berbasis Liquid Crystal Polymer atau LCP. Menurut Kuo, di 2019, antena LCP hanya digunakan dua buah, sementara 4 buah lagi menggunakan teknologi Modified Polymide atau MPI.

Sang analis menyebut bahwa pergantian material antena dari LCP memiliki alasan kuat. Pertama, LCP cukup sulit diproduksi dan rapuh. Kedua, LCP memiliki biaya produksi yang cukup mahal. Sebaliknya, antena berbasis MPI lebih mudah diproduksi dengan tingkat keberhasilan yang tinggi.

Dengan ini, Apple bisa menambah rekanan pemasok dengan negosiasi harga yang bisa lebih murah. Hal ini juga bisa membuat biaya produksi bisa turun dan harga iPhone bisa lebih murah.

Menarik? (mdk/idc)

Baca juga:
iPhone Lawas Justru Lebih Laku Dari iPhone Anyar?
Ini Bocoran Harga Dari Smartphone Lipat Samsung, si Canggih Galaxy F!
Harga Oppo F9 dan Spesifikasinya, HP Kaya Fitur dengan Spek Mewah!
Harga HP Oppo All Varian, Dari Oppo Find X, Oppo F9, Hingga HP Oppo Termurah!
LG sebut kini bukan lagi berebut menjadi pemimpin pasar
Survei: Pengguna iPhone lebih kaya, lebih boros, namun lebih bahagia dari Android
Deretan inovasi Apple untuk iPhone di masa depan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami