iPhone X Refurbished VS iPhone XR, Pilih Mana?

iPhone X Refurbished VS iPhone XR, Pilih Mana?
TEKNOLOGI | 6 Februari 2019 15:01 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Tak bisa dimungkiri, harga iPhone memang tidak murah. Salah satu cara untuk mendapatkan iPhone dengan harga murah adalah membeli refurbished atau rekondisi.

Nah, kini Apple secara resmi telah menjual iPhone X versi rekondisi. iPhone X versi refurbished ini tidak akan dijual resmi di Indonesia, namun seringkali dengan mudah kita temui di e-commerce Indonesia.

Berdasarkan banderol harga resmi, iPhone X refurbished akan dijual seharga 10 juta Rupiah untuk 64GB, dan 12,5 juta Rupiah untuk 256GB.

iPhone X refurbished ini tentu bisa jadi pilihan lebih murah ketimbang iPhone XR terbaru yang merupakan varian iPhone baru yang termurah. Bagaimana tidak, iPhone XR saja dibanderol dengan harga murai dari 15,2 Juta Rupiah hingga 18,3 Juta Rupiah.

Dengan harga yang lebih murah, iPhone X refurbished memiliki beberapa keunggulan dibanding iPhone XR: mulai dari layar OLED yang lebih lebar dan juga resolusinya lebih tinggi, memiliki 3D Touch, dan juga mendapatkan dual kamera dengan fitur telefoto.

Namun iPhone XR sendiri memiliki prosesor yang lebih baik, fotografi HDR cerdas, serta masa pakai baterai yang terbukti salah satu yang terbaik di jajaran smartphone tahun 2018. Tak cuma itu, pilihan warna iPhone XR juga lebih banyak dan menarik.

iPhone Refurbished Makin Dicari

Melalui laporan dari Wall Street Journal, smartphone refurbished akan merajalela jika kini smartphone papan atas harganya tak sesuai dengan kantong masyarakat.

Bahkan, penikmat barang refurbished kini tak hanya dari negara berkembang saja. Dari laporan WSJ juga, 93 persen dari pembeli smartphone bekas di lelang online B-Stock berasal dari Amerika Serikat.

Bukti lagi bahwa smartphone kini sudah tak terjangkau lagi bagi masyarakat di negara maju, adalah dulu berdasar data dari BayStreet Research LLC, masyarakat di negara maju melakukan pergantian hape dalam rata-rata 23 bulan di tahun 2014. Data tahun 2017, angka ini turun menjadi 31 bulan, dan di tahun depan diprediksi kembali turun ke angka 33 bulan.

Sebelumnya, Apple menawarkan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus dengan opsi memori 64GB. Ada beberapa varian warna yang dijual, yakni Silver, Gold, dan Space Gray dengan diskon antara 14-16 persen. Apple menjual iPhone 8 dan iPhone 8 Plus rekondisi sebagai alternatif bagi mereka yang tidak bisa membeli iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR. (mdk/idc)

Baca juga:
Selfie Tak Main-Main, ZTE Siapkan Smartphone Kamera Depan 32MP
Penjualan Smartphone Sony Anjlok, Bahkan di Jepang
4 Cara Perbesar Memori Smartphone Anda, Anti Ngelag!
4 Cara Cek iPhone Asli atau Palsu Lewat Nomor Imei
Ponsel Merek Aldo Milik Pegawai Pemprov Riau Meledak Saat Isi Daya
Ini Penampakan Samsung Galaxy S10E, Smartphone Flagship Budget Saingan iPhone XR!
Bocoran Terbaru Tampilkan Samsung Galaxy S10 Secara Jelas

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami