Advertorial

Jadi mentor The NextDev Academy, Andreas Surya bagi tips mendapatkan investor

TEKNOLOGI | 24 April 2018 16:00 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Nama Andreas Surya sudah bukan sosok yang asing lagi di kalangan para pebisnis dan pendiri startup. Dialah sosok di balik Kejora Ventures, perusahaan modal ventura lokal yang menginvestasikan dananya untuk bisnis atau startup potensial. Menjabat sebagai Vice President Portfolio & Investment, Andreas tentunya tahu apa saja yang menjadi rahasia para investor tertarik menanamkan modalnya pada startup yang sedang berkembang.

Ini dia salah satu yang sering membuat galau para founder startup tanah air. Mendapatkan banyak kesempatan pitching ternyata nggak menjamin banyaknya tawaran investasi dari pemilik modal. Dalam The NextDev Academy 2018, Andreas membeberkan apa saja yang menjadi rahasia calon investor tertarik untuk menanamkan modalnya pada startup kamu.

Andreas mengungkapkan, berada dalam fase perkembangan yang berbeda membuat investor akan melakukan penilaian yang berbeda pula pada startup yang dikembangkan. Misalnya, kamu yang masih berada dalam tahap Early Starge Seed alias tahap awal ketika startup belum memiliki apa-apa tentu berbeda penilaiannya dengan mereka yang sudah berada dalam level Fund Stage atau Later Stage.

Selain itu, perlu dipahami juga bahwa tiap investor memiliki mandat investasi yang berbeda. Jadi, ada kemungkinan pitching ditolak karena memang sektor yang dikembangkan tidak sesuai dengan bidang yang mereka harapkan. Secara umum, ada beberapa sektor yang cukup menarik minat investor di tanah air, yaitu transportasi, e-commerce, dan financial technology.

Jadi, kira-kira seperti apa sih jalannya The NextDev Academy 2018 yang berlangsung bareng Andreas Surya? Simak info selengkapnya di sini. (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.