Jadi yang Pertama, Blibli Dapatkan ISO 27001

TEKNOLOGI | 10 Desember 2019 16:05 Reporter : Roy Ridho

Merdeka.com - Blibli.com resmi menjadi eCommerce pertama yang mendapat sertifikasi ISO/IEC 27001:2013. Sertifikat ISO/IEC 27001:2013 ini diberikan oleh British Standard Institution (BSI) yang disaksikan oleh Badan Sandi dan Siber Negara (BSSN). Dengan sertifikasi ini Blibli.com telah memenuhi standar sistem keamanan dalam mengoperasikan bisnis eCommerce.

Ongkowijoyo, Vice President of Infrastructure and Technical Support Blibli.com mangatakan,"Blibli.com dapat memperoleh ISO/IEC 27001:2013 karena telah menerapkan berbagai strategi, termasuk di bidang arsistektur IT dan application programming interface(API) untuk memastikan ketahanan Blibli.com pada keamanan datan, baik korporat maupun pelanggan."

Standar ISO/IEC 27001 telah diakui oleh 164 negara di dunia. Persyaratan standar ISO/IEC 27001 ini sangatlah ketat. Proses yang dilalui untuk mendapatkan sertifikasinya juga cukup sulit dan panjang. Sertifikat ini diberikan kepada Blibli.com oleh British Standar Institution(BSI) yang merupakan creator dari standar sertifikasi yang memiliki akreditasi internasional ini.

1 dari 1 halaman

"Blibli.com telah mendapat sertifikat ISO/IEC 27001 tentang sistem manajemen keamanan informasi setelah melalui proses audit yang menyeluruh. Berhasilnya Blibli.com mendapatkan sertifikat tersebut menandakan eCommerce tersebut telah memperhatikan keamanan data, baik yang menjadi milik korporat dan para pelanggan," ujar Erna Damayanty, selaku Managing Director BSI Indonesia.

Selain ISO/IEC 27001, Blibli.com juga mendapatkan skor tertinggi indeks Keamanan Informasi (KAMI) dari BSSN. Intan Rahayu, Kasubdit Identifikasi Kerentanan dan Penilaian Risiko Perdagangan Berbasis Elektronik BSSN mengatakan," Indeks KAMI adalah alat untuk menganalisa dan mengevaluasi penerapan keamanan informasi pada Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE). PSE yang berhasil memperoleh hasil asesmen indeks KAMI dengan skor tinggi dan berpredikat baik atau cukup, adalah PSE yang telah memenuhi kriteria terkait tata kelola, pengelolaan risiko, kerangka kerja, pengelolaan aset, dan aspek teknologi keamanan informasi, PSE ini juga berhak mendapatkan sertifikat Indeks KAMI selama 1 tahun."

Reporter Magang : Roy Ridho (mdk/idc)

Baca juga:
Bukalapak Angkat Rachmat Kaimuddin Sebagai CEO Baru
Platform Informasi Kesehatan Ini Beri Penawaran Paket Kecantikan
5 Keuntungan Menggunakan Cloud HRIS
Hadir di 4 Kota Besar, Mekari Dorong UKM Manfaatkan Teknologi
Sambut Harbolnas, Bukalapak Persembahkan Kalap 12.12
ActionCOACH: Startup Teknologi Kita Punya Problem Besar di Tiga Isu Ini
Lazada 12.12 Grand Year Sale Hadirkan 3 Hari Diskon dan Voucher Miliaran Rupiah

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.