Jaringan Seluler di Korea Utara Ditangani Huawei?

TEKNOLOGI | 24 Juli 2019 07:10 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Huawei dilaporkan membantu Korea Utara membangun dan memelihara jaringan seluler komersial.

Mengutip Washington Post, Selasa (23/7), Huawei bermitra dengan perusahaan milik negara, Panda International Information Technology.

Kemitraan tersebut, menurut sumber dan dokumen internal Huawei yang diterima Washington Post, telah berlangsung selama setidaknya delapan tahun dan menangani sejumlah proyek di Korea Utara.

Laporan ini memunculkan pertanyaan apakah Huawei melanggar aturan kontrol ekspor Amerika lantaran Huawei membantu Korea Utara dengan perangkat-perangkat yang komponennya menggunakan teknologi Amerika.

Mei 2019 Huawei masuk ke dalam daftar hitam di Amerika dengan alasan keamanan nasional. Hal ini berimbas pada larangan bagi sejumlah perusahaan Amerika untuk menjual komponen ke Huawei tanpa izin khusus.

Namun pada Juni 2019 Donald Trump berujar, perusahaan-perusahaan Amerika dapat melanjutkan kembali penjualan komponen ke Huawei.

Terkait laporan kemitraan dengan Korea Utara ini, Huawei tidak berkomentar banyak, tetapi hanya mengatakan "tidak ada aktivitas bisnis" di Korea Utara.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Mochamad Wahyu Hidayat

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT
BERI KOMENTAR
Join Merdeka.com