Jeff Bezos Ingin Amazon Bersinergi Dengan Pentagon

TEKNOLOGI | 9 Desember 2019 13:34 Reporter : Roy Ridho

Merdeka.com - Pendiri Amazon.com, Jeff Bezos mengatakan akan mendukung Departemen Pertahanan Amerika Serikat (Pentagon), karena tengah berupaya memodernisasi dirinya sendiri.

"Kami akan mendukung Departemen Pertahanan, negara ini penting," kata Bezos pada forum pertahanan tahunan di Perpustakaan Reagan di Simi Valley, California.

Banyak perusahaan teknologi yang hadapi tantangan ketika mencoba bekerja dengan Pentagon. Tahun lalu ada sebuah program pertahanan, bernama Project Maven. Program tersebut menuai pemberontakan, karena beberapa karyawan menentang teknologi Google yang digunakan dalam peperangan.

Karyawan tersebut mengatakan, "Hal itu bertentangan dengan visi Google yang menyatakan tidak akan melakukan bahaya dan mengambil risiko seputar penggunaan teknologi kecerdasan buatan yang baru lahir dalam situasi yang mematikan."

Sementara Bezos mengatakan bahwa dia mendukung karyawan yang memiliki pandangan yang kuat, dia mengatakan itu tergantung pada para pemimpin senior perusahaan untuk memberikan panduan tentang proyek apa yang akan dan tidak akan mereka lakukan.

"Pandangan saya adalah jika teknologi besar menutup diri pada Departemen Pertahanan, negara ini dalam masalah besar," kata Bezos.

1 dari 1 halaman

Amazon telah berkompetisi untuk memberikan kemampuan komputasi awan kepada Pentagon.

Namun bulan lalu perusahaan mengajukan gugatan di pengadilan federal yang menentang keputusan Pentagon untuk memberikan kontrak komputasi awan senilai hingga USD 10 miliar kepada penawar saingan yaitu Microsoft Corp.

Amazon telah dianggap sebagai favorit untuk kontrak Joint Enterprise Defense Infrastructure Cloud (JEDI), bagian dari proyek modernisasi digital yang lebih luas di Pentagon sebelum Microsoft muncul sebagai pemenang kejutan.

Amazon sebelumnya mengatakan bahwa politik menghalangi proses penawaran yang adil. Bezos, kepala eksekutif Amazon dan pemilik Washington Post, sudah menjadi kritikus nyata terhadap Presiden AS Donald Trump.

Reporter Magang: Roy Ridho (mdk/idc)

Baca juga:
Pangkas Biaya hingga 50 Persen, AWS Tekankan Tiga Benefit Utama Teknologi Cloud
Penembakan di Jerman Disiarkan Langsung di Twitch, 2.200 Orang Menonton
AWS Gelar Pop-up Loft di Jakarta, Acara Kolaborasi Startup
Jeff Bezos Bagikan Tips dan Sikap yang Harus Dimiliki Saat Putuskan Mulai Bisnis
Data Penumpang Bocor, Perwakilan Lion Air Temui Kemkominfo
Susun Aturan Baru, Sri Mulyani Buat Tarif Pajak untuk Google, Netflix dan Amazon

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.