Jokowi Minta Menkominfo Maksimalkan Penggunaan Palapa Ring

Jokowi Minta Menkominfo Maksimalkan Penggunaan Palapa Ring
ilustrasi internet. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Syda Productions
TEKNOLOGI | 26 Februari 2021 09:56 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Presiden Jokowi meminta agar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memaksimalkan penggunaan Palapa Ring. Tujuannya agar investasi yang besar untuk membangun jaringan backbone ini dapat digunakan oleh masyarakat semaksimal mungkin.

"Saya punya beberapa catatan yakni utilisasi Palapa Ring ditingkatkan. Jangan hanya 50 persen saja. Untuk Palapa Ring Timur dan Tengah penggunaannya juga masih sekitar 20 persen," ujar Jokowi saat acara peluncuran program konektivitas digital 2021, Jumat (26/2).

Perlu diketahui, penggelaran Palapa Ring terbagi menjadi tiga paket tahap yakni Palapa Ring Barat meliputi wilayah Riau dan kepulauan Riau (sampai dengan Natuna) yang rampung digelar pada Maret 2018. Palapa Ring Tengah mencakup wilayah Kalimantan. Sulawesi, dan Maluku Utara (sampai kepulauan Sangihe-Talaud) selesai digelar pada Desember 2018.

Terakhir Palapa Ring Timur yang menjangkau wilayah NTT, Maluku, Papua Barat dan Papua yang saat ini telah selesai juga konstruksinya dan sudah diresmikan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara tanggal 14 Oktober 2019.

"Ini harus digenjot terus. Saya minta ke Menkominfo agar Palapa Ring tidak berhenti sebagai backbone saja tetapi tersambung sampai ke rumah tangga. Agar investasi besar palapa ring bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat," kata dia

Baca Selanjutnya: Rendahnya Penggunaan...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami