Kata Pengamat Siber Sekuriti OTP Paling Aman sampai yang Rentan

Kata Pengamat Siber Sekuriti OTP Paling Aman sampai yang Rentan
TEKNOLOGI | 18 September 2020 08:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - One Time Password (OTP) adalah sebuah kode yang biasanya dikirimkan ke SMS, aplikasi chat atau email. Langkah ini umumnya digunakan untuk memperkuat autentikasi ketika pengguna memasukkan ID atau password ke sebuah aplikasi/platform tertentu.

Sesuai namanya, OTP hanya dapat digunakan sekali saja, yang mana tujuannya untuk mencegah berbagai tindakan pencurian. OTP juga hanya bisa digunakan dalam rentang waktu tertentu. Misalkan, pengguna meminta kode OTP dan mendapatkan kode OTP yang cuma dapat digunakan tiga sampai enam menit saja.

Jika melebihi batas waktu tersebut, kode yang didapatkan pengguna akan hangus dan harus meminta ulang kode OTP. OTP sendiri ada beberapa jenis, di mana OTP dengan token/kalkulator digadang-gadang sebagai OTP paling aman. Sementara OTP SMS sering dituding sebagai OTP paling tidak aman.

Namun menariknya, OTP SMS menjadi yang paling populer dibandingkan dengan metode OTP lainnya? Jawabannya adalah karena penetrasi OTP, biaya pengadaan OTP dan kemudahan penggunaan OTP.

Lalu, jenis OTP mana yang paling aman dan kurang aman? Berikut penjelasan dari Alfons Tanujaya, Pengamat Sekuriti dari Vaksincom.

Baca Selanjutnya: Hard Token Paling Aman...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami