Kemenkominfo Klaim Buka Akses Internet Hingga Desa Perbatasan

TEKNOLOGI | 8 Agustus 2019 18:32 Reporter : Nur Habibie

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) terus bekerja agar layanan akses internet dapat dirasakan sampai ke daerah perbatasan. Karena, saat ini sudah memasuki era industri 4.0.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkominfo ‎Rosarita Niken mengatakan, pihaknya sudah berupaya agar internet bisa dinikmati oleh masyarakat termasuk yang berada di perbatasan.

"‎Indonesia seperti kita ketahui, penetrasi internet luar biasa. 64,3 Persen masyarakat Indonesia terkoneksi internet atau 171 juta masyarakat Indonesia menggunakan internet," kata Rosarita di Kementerian PAN-RB, Jakarta, Kamis (8/8).

Menurutnya, Kemenkominfo tak hanya menyiapkan digital software saja. Tapi juga infrastruktur melalui pembangunan Palapa Ring sejak 2005 silam.

Ia pun mengungkapkan, dalam tiga tahun terakhir ini posisi sektor barat dan tengah sudah siap 100 persen yang menikmati internet. Sementara sektor timur baru 94 persen.

"Selain Palapa Ring kami juga siapkan infrastruktur lain melalui satelit untuk menyediakan akses di wilayah perbatasan. Kemenkominfo sudah membuka akses internet di 47.900 desa, 93 ribu sekolah, 3900 kantor kepolisian hingga 3700 puskesmas," ungkapnya.

Niken menambahkan, literasi digital ini sangat penting. Terlebih internet tidak hanya untuk media sosial saja tapi juga untuk hal lain baik itu promosi, edukasi, hingga pemberdayaan.

(mdk/rhm)

TOPIK TERKAIT