Kemkominfo: Bolt, First Media, dan Jasnita Tetap Harus Bayar Hutang

TEKNOLOGI | 28 Desember 2018 13:56 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan meskipun layanan Bolt, First Media, dan Jasnita diputuskan berakhir, tunggakan hutang selama 2 tahun dan denda tetap akan ditagih. Proses penagihan akan dilakukan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Keputusan untuk mengakhiri layanan tiga perusahaan itu, tidak menghapus kewajiban mereka melunasi hutang Biaya Hak Penggunaan (BHP) frekuensi 2.3 GHz dan denda. Nanti yang akan memproses itu dari Kemenkeu," ujar Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kemkominfo, Ismail saat acara konferensi pers di Gedung Kemkominfo, Jakarta, Jumat (28/12).

Ketiga perusahaan itu telah menunggak BHP frekuensi 2.3 GHz dari tahun 2016 sampai dengan 2018. Untuk Bolt, BHP frekuensi yang mestinya dibayarkan sebesar Rp 343,5 miliar. Sementara First Media, Rp 364,8 miliar. Bolt dan First Media merupakan anak usaha dari Lippo Grup. Sedangkan Jasnita menunggak hutang Rp 2,1 miliar.

"Penghentian izin frekuensi ini benar-benar murni karena tunggakan BHP frekuensi," jelas Ismail.

Dengan tidak dibayarkannya tunggakan yang menjadi kewajiban mereka, maka Kemkominfo akhirnya menarik izin frekuensi yang dimiliki ketiga perusahaan tersebut. Mulai hari ini, Jumat (28/12), layanan ketiga operator telekomunikasi tidak bisa digunakan lagi oleh masyarakat.

"Untuk melaksanakan itu, mereka harus melakukan shutdown Network Operations Center (NOC) agar tidak bisa lagi melayani pelanggan hari ini," jelasnya.

Baca juga:

Libur Natal &Tahun Baru, Indosat Klaim Tingkatkan Kapasitas Layanan Data

Kemkominfo Ajak Pemangku Kepentingan Melakukan Sinergisitas

Menkominfo Lantik Anggota BRTI Periode 2018-2022

Segera Hadir, Konektivitas 5G yang Kecepatannya 400 Kali Kedipan Mata!

Telkomsigma Raih Sertifikasi Tier IV dari Uptime Institute

Telkomsel Luncurkan Aplikasi mBanking

Indosat Perluas Jaringan 4G Plus di Wilayah Sumatera Utara

(mdk/idc)