Kini, Google lebih berharga dibandingkan Apple

Kini, Google lebih berharga dibandingkan Apple
Google dan Apple © 2013 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 27 Juni 2013 20:14 Reporter : Dwi Andi Susanto

Merdeka.com - Di bulan Mei tahun 2012 lalu, pernah dikabarkan bahwa Apple lebih berharga dari 5 negara besar di dunia. DI tahun 2013 ini, nampaknya Google yang raih gelar tersebut.

Memang tidak diragukan apabila di tahun 2012 kemarin Apple menyandang gelar perusahaan paling berharga di dunia atau apabila dijual memiliki nilai sekitar USD 378 miliar, sedangkan Google hanya sebesar USD 286 miliar saja.

Namun, menurut analisis Wall Street Journal, kini, Google berhasil geser posisi Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Dalam grafiknya, WSJ memperlihatkan bahwa Google mengalami pertumbuhan yang signifikan sedangkan Apple nampak menurun.

Tentunya apa yang menyebabkan Google mampu geser Apple dari puncak tersebut dapat dijelaskan secara mudah. Google merupakan perusahaan pemilik operating system untuk mobile, Android.

Sampai saat ini, jumlah vendor yang menciptakan produk berbasis Android sangat banyak dan terus bertambah. Sedangkan, Apple memonopoli produk mereka sendiri tanpa mau berbagi dengan perusahaan lain.

Dikarenakan banyaknya 'support' dari vendor lain itu, maka secara otomatis menambah pundi-pundi kekayaan Google. (mdk/das)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami