Konsumen Indonesia Makin Percaya Belanja di E-commerce

Konsumen Indonesia Makin Percaya Belanja di E-commerce
ilustrasi e-commerce. ©2020 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 5 Agustus 2020 13:25 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Kredivo dan Katadata Insight Center baru saja melakukan riset bertajuk 'Perilaku Konsumen E-Commerce Indonesia'. Dalam riset tersebut, kepercayaan dan kenyamanan pada e-commerce itu ditunjukkan dengan jumlah rata-rata transaksi per bulan dari kuartal pertama menuju kuartal terakhir 2019. Bahkan, pada Desember 2019, jumlah transaksi lebih besar 22 persne daripada rata-rata jumlah transaksi bulanan.

Sebagai informasi, riset ini menggunakan studi kasus Kredivo sebagai platform kredit digital yang dipakai sebagai salah satu metode pembayaran di hampir semua platform belanja online. Adapun data primer sampel transaksi ini diambil dari enam pemain e-commerce terbesar di Indonesia.

"Kami percaya dengan adanya riset ini dapat memberikan manfaat bagi strategi bisnis para mitra e-commerce seiring dengan kepercayaan masyarakat yang semakin tinggi dalam berbelanja online, termasuk menggunakan pembayaran digital," tutur General Manager Kredivo Indonesia Lily Suriani dalam keterangan resmi yang diterima, Rabu (5/8).

Lebih lanjut Lily menuturkan, tren positif mengenai kepercayaan konsumen pada belanja online juga berlanjut pada semester pertama 2020. Data internal Kredivo mencatat peningkatan frekuensi pembelian di e-commerce terus berlanjut, terutama pada barang kebutuhan pokok.

Kondisi tersebut, menurut Lily, menandakan masyarakat tetap percaya pada transaksi online meski di tengah situasi menantang seperti saat ini. Riset ini juga menemukan potensi pertumbuhan e-commerce di luar Jawa cukup baik, meski jumlah dan nilai transaksi belanja online Indonesia masih terpusat di Jawa.

"Pertumbuhan e-commerce di luar Pulau Jawa ini juga menjadi sinyal baik bagi inklusi digital, dimana penetrasi internet, daya beli, dan upah minimum regional (UMR) menjadi daya dorong utama peningkatan transaksi digital per populasi," tutur Lily.

Baca Selanjutnya: Konsumsi Milenial...

Halaman

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami