Korea Selatan Jadi yang Terdepan di Industri 5G

Korea Selatan Jadi yang Terdepan di Industri 5G
TEKNOLOGI | 27 Oktober 2020 13:43 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Meski kita sudah menemui puluhan smartphone 5G yang telah dirilis, pada kenyataannya infrastruktur 5G belum jalan secara menyeluruh. Di Indonesia sendiri, sudah banyak smartphone flagship yang fitur 5G-nya dikunci karena memang jaringannya tidak ada.

Korea Selatan (Korsel) merupakan salah satu yang sudah maju. Terkenal sebagai negara dengan cakupan 4G terluas, saat ini negeri ginseng punya peran penting dalam progres atau kemajuan 5G di dunia.

Dilansir GSM Arena via Tekno Liputan6.com, berdasarkan analisis dari perusahaan riset Omdia per Maret 2020, Korsel masih menjadi pemimpin dalam progres 5G di dunia. Swiss berada di peringkat kedua.

Peringkat lima besar lain secara berurutan ditempati oleh Kuwait, Amerika Serikat (AS), dan Qatar.

Namun Omdia mencatat, ketersediaan perangkat 5G saat ini terbatas. Hal tersebut menghambat orang-orang merasakan manfaat teknologi jaringan baru tersebut.

Korsel saat ini memimpin pasar dengan penggunaan 5,88 juta perangkat 5G, atau sekira 10 persen dari total perangkat yang digunakan di negara tersebut.

Analis utama di Omdia, Stephen Myers, mengungkapkan bahwa meski saat ini terjadi pandemi global, para regulator tetap mendorong alokasi spektrum 5G. Selain itu, operator telekomunikasi juga siap merilis 5G dan memperluas jangkauan jaringan.

Baca Selanjutnya: Peningkatan Signifikan 5 Tahun Lagi...

Halaman

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami