Kualitas produk tentukan nyawa sebuah startup

TEKNOLOGI | 19 April 2018 06:00 Reporter : Dwi Ariyani

Merdeka.com - Persaingan bisnis di dunia startup sekarang berjalan sangat keras. Sebuah perusahaan bisa saja menghasilkan produk yang hampir sama dengan perusahaan lain. Tapi satu perbedaan kecil bisa menjadi sebuah kunci kesuksesan, sekaligus jurang kegagalan untuk startup yang kalah inovasi.

Topik ini disampaikan oleh Vikra Ijas, Co-Founder dan Credit Marketing Officer untuk situs Kitabisa.com di The NextDev Academy 2018. Menurutnya, setiap startup wajib mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Lewat materi yang berjudul “Market Validation: Make Sure Customer Want and Need Your Product,” ia berbagi rahasia tentang pentingnya memperhatikan kebutuhan konsumen dalam membuat sebuah produk.

"Bagi yang punya platform, harus dilihat secara holistik apa sebenarnya kebutuhan customer. Saat itu juga kebutuhan tersebut harus dilihat dari sisi yang lain apakah berdampak atau tidak," jelas Vikra.

Salah satu cara yang ditawarkan oleh Vikra adalah riset untuk produk atau layanan yang ditawarkan. Dengan begitu, startup akan lebih ‘peka’ dan tahu apa saja yang perlu mereka buat agar bisa memenuhi kebutuhan konsumen.

Saking menariknya, usai menyampaikan materi, Vikra langsung diberondong dengan berbagai pertanyaan dari peserta The NextDev Academy 2018. Ingin tahu apa saja yang disampaikannya? Simak liputan selengkapnya di sini.

(mdk/aik)