Lupa password? Ini 3 cara mudah buka smartphone Android yang terkunci

TEKNOLOGI | 4 Mei 2018 07:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Banyak pengguna smartphone Android yang memakai password berupa angka atau pola kunci di handsetnya. Tujuannya untuk menjaga privasi handset miliknya dari tangan jahil teman-temannya yang suka kepo.

Namun, tak jarang juga para pengguna justru lupa dengan password smartphone Androidnya. Sehingga mereka tidak dapat mengakses handset miliknya.

Selain karena lupa password, smartphone Android yang terkunci, kemungkinan telah dibuka oleh teman atau orang lain dengan menggunakan password yang salah berulang kali. Dengan demikian, ketika pengguna memasukkan password, smartphone akan terkunci dan tidak bisa digunakan.

Merasa bingung bagaimana cara mengatasinya? Berikut solusinya:

Langkah Satu
Langkah ini hanya bisa dilakukan bagi smartphone yang 'dipaksa' dibuka oleh orang lain dengan beberapa kali memasukkan password yang salah. Caranya adalah dengan mengklik 'Forgot password' atau 'Pattern'.

Kemudian, masukkan username dan password akun Google Anda dan tekan 'Sign in'. Sebelum melakukan langkah ini pastikan smartphone Anda bisa mengakses internet, baik melalui koneksi WiFi atau paket kuota data internet.

Langkah Dua
Namun, apabila smartphone Anda secara kebetulan tidak dapat mengakses jaringan internet, Anda dapat melakukan panggilan telepon dari smartphone lain ke smartphone Android Anda yang bermasalah.

Selanjutnya, jawablah panggilan telepon itu dan jangan sampai ditutup. Lalu tekan tombol 'Home' dan masuk ke menu 'Setting'. Kemudian, aktifkan internet agar dapat memasukkan password email dan bisa 'Sign in' kembali.

Jika Anda ingin membuat password yang baru, bisa membuat password berupa pola kunci atau angka di menu 'Setting'.

Langkah Tiga
Jika Anda benar-benar lupa password akun Google, Anda bisa melakukan factory data reset melalui 'Android recovery'. Cara ini memungkinkan Anda untuk mengakses smartphone dan memperbarui ponsel.

Pertama-tama, matikan dulu smartphone Android Anda, kemudian tekan dan tahan tombol 'Volume up' (untuk memperbesar suara) dan tombol 'Power' secara bersamaan - lalu lepas setelah 3-5 detik.

Cara lainnya, Anda bisa menekan tombol 'Volume down' (untuk memperkecil suara) dan tombol 'Power' dengan cara yang sama atau Anda dapat menggunakan kombinasi 'Volume UP', 'Home' dan 'Power'.

Selanjutnya, masuk ke 'Recovery mode' pilih 'Data/factory reset'. Langkah terakhir, Anda dapat memilih 'Reboot system now'. Cara ini akan memperbaiki masalah dan memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon lagi.

Sumber: Liputan6.com


5 Kesalahan yang dilakukan saat beli smartphone
Awas, 4 bakteri yang bisa menginfeksi manusia ini bersarang di smartphone kamu
Cara mudah unreg kartu SIM prabayar yang sudah diregistrasi
Haruskah kita matikan smartphone tiap malam? Ini faktanya
5 Kesalahan yang biasa kita lakukan sebelum beli smartphone
7 Hal yang haram dilakukan saat HP basah, termasuk masukkan ke beras

(mdk/ara)