Masa Liburan Natal dan Tahun Baru, Trafik Data XL Meningkat 14 Persen

Masa Liburan Natal dan Tahun Baru, Trafik Data XL Meningkat 14 Persen
TEKNOLOGI | 6 Januari 2020 13:02 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - XL mengklaim berhasil melalui masa liburan panjang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 dengan performa jaringan yang baik. Pada waktu yang sama, trafik data meningkat signifikan, mencapai sekitar 14 persen dibandingkan trafik di hari normal. Kenaikan trafik kali ini juga lebih tinggi dibandingkan kenaikan trafik di periode yang sama tahun lalu (YoY) yang mencapai 38 persen.

Kemudian, layanan data berbasis Games 25 persen menjadi favorit pelanggan untuk mengisi masa liburannya, diikuti oleh Instant Messaging sebesar 16 persen dan Web Browsing 12 persen.

Plt Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa mengatakan, bagi pihaknya, yang paling utama adalah bagaimana bisa melalui masa liburan dengan lonjakan trafik ini dengan performa jaringan yang baik dan lancar. Tidak ada gangguan yang berarti. Jika jaringan aman, maka dengan sendirinya pelanggan nyaman dan trafik akan naik.

"Semua ini hasil dari upaya kami secara terus-menerus meningkatkan kualitas jaringan, baik dengan meningkatkan kapasitas, penerapan teknologi terbaru, hingga perluasan jaringan data 4G ke area-area baru di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, sesuai prediksi kami area-area di luar Jawa juga cukup berkontribusi dalam kenaikan trafik kali ini. Rata-rata kenaikan trafik di luar Jawa mencapai 15 persen," jelasnya.

Data dari Customer Experience and Service Operation Center (CE&SOC) XL yang berada di kantor pusat XL menunjukkan, kenaikan rata-rata trafik data khusus saat Natal sebesar 9 persen dibandingkan hari biasa, dengan kenaikan trafik tertinggi sebesar 21 persen. Sedangkan saat malam Tahun Baru saja, kenaikan trafik rata-rata sebesar 14 persen dan dan tertinggi 77 persen.

Baca Selanjutnya: Tiga Area Kenaikan Trafik Tertinggi...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami