Masyarakat Pekanbaru mulai bisa kunjungi perpustakaan digital

Masyarakat Pekanbaru mulai bisa kunjungi perpustakaan digital
perpustakaan. ©2015 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 23 Juni 2016 14:38 Reporter : Bramy Biantoro

Merdeka.com - Pemerintah Kota Pekanbaru meluncurkan aplikasi perpustakaan digital i-Pekan, sebagai langkah mewujudkan Smart Society. S

ebagai acara peluncuran yang diadakan dalam rangkaian hari jadi Kota Pekanbaru, aplikasi perpustakaan digital yang dibangun oleh Aksaramaya ini diserahkan kepada Pemerintah Kota Pekanbaru mendapat donasi 4000 judul buku dalam bentuk digital dari Indosat Ooredoo.

Perpustakaan digital pertama di pulau Sumatera ini kini memiliki koleksi buku elektronik terlengkap dan langsung dapat dinikmati oleh masyarakat Pekanbaru dengan mengakses aplikasi i-Pekan secara bebas biaya. Hal ini untuk mendorong minat baca masyarakat Pekanbaru khususnya agar dapat terwujud Smart Society yang menjadi salah satu pilar Smart City berbasis teknologi Informasi.

Pencanangan dimulainya uji coba platform Smart City, yakni system Single Window City Dashboard yang ditangani oleh Indosat Ooredoo ini berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi bagi Pemerintah Kota untuk memantau situasi dan laporan masyarakat secara digital dalam satu layar.

"Penandatanganan MoU Smart City ini adalah bukti bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru ingin lebih baik dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya melalui solusi ICT. Harapan kami dengan penerapan konsep smart city di Pekanbaru ini, pemerintah kota akan lebih cepat, lebih tepat, dan lebih transparan dalam memberikan layanan masyarakat yang jauh lebih baik," ungkap Firdaus, Walikota Pekanbaru.

Sementara itu, menurut CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, mengatakan, implementasi smart city adalah suatu lompatan layanan menuju masyarakat yang lebih baik, lebih aman, lebih nyaman, lebih transparan.

"Kami mendukung sepenuhnya penerapan Smart City di Indonesia dengan menyediakan solusi City Dashboard sehingga pemerintah kota dan juga masyarakatnya dapat dengan segera mendapatkan manfaat Smart City dan juga e-library i-Pekan untuk mendukung Smart Society," katanya. (mdk/bbo)

Baca juga:
Cyber Horse, patung kuda dari ribuan perangkat komputer dan ponsel
JK yakin satelit Lapan bakal buat data pertanian & perikanan valid
5 Mitos tentang Bluetooth ini tidak layak dipercaya!
[Video] Apakah mobil listrik sebabkan bahaya kesetrum saat banjir?
Cerita satu insinyur nyaris rusak internet di 2016
Tak butuh teknologi AS, China buat komputer terhebat di dunia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami