Aktivitas matahari meningkat, bumi terancam bahaya

TEKNOLOGI | 13 Juni 2013 16:02 Reporter : Dwi Zain Musofa

Merdeka.com - Pada awal bulan Juni ini matahari dilaporkan lebih aktif dari pada bulan-bulan sebelumnya.

Dikabarkan Softpedia (11/6), pusat tata surya ini memang sedang dalam masa puncak siklus 11 tahunan yang mana matahari akan lebih aktif dari biasanya.

Hal ini diperkuat dengan adanya video rekaman terbaru dari aktivitas permukaan matahari yang diambil oleh kamera Solar Dynamics Observatory, NASA yang menampilkan beberapa tornado besar yang muncul di permukaan matahari.

Tornado yang besarnya diprediksi dapat menelan benda sebesar bulan secara utuh ini telah beberapa kali terlihat oleh rekaman kamera Solar Dynamics Observatory NASA dalam kurun waktu 38 jam pertama pada awal bulan Juni.

Diperkirakan jika puncak siklus 11 tahunan matahari ini masih akan terjadi dalam beberapa hari ke depan. Siklus ini selain menyebabkan fenomena alam berupa tornado di matahari juga bisa menciptakan sebuah erupsi matahari yang cukup kuat.

Dikabarkan jika erupsi ini benar terjadi, maka diprediksi seluruh planet di tata surya ini akan merasakan dampaknya termasuk planet bumi. (mdk/dzm)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.