Review Realme 5 Pro Lebih Dekat, Kompetitor Baru di Harga Rp 3 Jutaan

TEKNOLOGI | 19 September 2019 11:30 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Pemain di pasar ponsel tiga jutaan kini menjadi kelompok yang paling diperhatikan. Hal ini karena teknologi semakin terjangkau dan ponsel terjangkau semakin bagus performanya. Pengguna kini tidak harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang besar untuk bisa menikmati kecanggihan teknologi terkini.

Ini tercermin dari munculnya ponsel pintar realme 5 Pro. Ponsel yang dijual di rentang harga tiga jutaan calon kompetitor baru yang kuat di segmen tersebut. realme membungkus ponsel ini dengan tiga keunggulan, yaitu kamera 48MP Quad Camera, VOOC Flash Charge 3.0, dan Snapdragon 712 AIE.

Lalu apakah realme 5 Pro bisa menjadi kompetitor baru yang kuat? Silakan simak reviewnya berikut.

Desain masih sama

Posisi harga jual realme 5 Pro di angka bawah Rp 4 juta, jadi harap dimaklumi jika tidak ditemukan material seperti logam atau kaca di bagian bodinya. Namun karena tampilan masih berkilau, menampilkan kesan mewah.

Secara dimensi, ketika dipegang dengan satu tangan ukurannya terasa pas, masih bisa di-handle dengan satu tangan. Kontur belakang yang melengkung turut menambah kenyamanan.

realme 5 Pro ©2019 Merdeka.com

Meski masih menggunakan desain yang identik dengan realme 3 Pro, ponsel baru ini memiliki finishing motif baru berbentuk kristal yang reflektif jika terkena pancaran cahaya. Bagian cover belakang ini masih terhias dengan efek gradasi dua warna, sesuai dengan varian yang dipilih (Crystal Green, Sparkling Blue).

Untuk bagian muka, panel layar terlapis dengan Gorilla Glass 3+ berponi dewdrop yang minimalis dalam hal gangguan pandangan. Seperti sebelumnya, bentuk tetesan air itu menjadi tempat menaruh kamera depan.

Layar seperti AMOLED

Sektor layar menjadi cukup krusial dalam penilaian atas layak dimilikinya sebuah ponsel. realme 5 Pro memiliki layar dengan ukuran layar 6,3 inci dengan rasio layar ke bodi mencapai 90,6 persen. Resolusinya sudah Full HD+ (2340x1080 piksel).

Panel layar realme 5 Pro cukup baik performanya. Memiliki kontras warna yang punchy bahkan awalnya kami kira merupakan panel AMOLED seperti yang digunakan realme X.

Jadi, panelnya menggunakan teknologi IPS LCD jenis layar yang memiliki sudut pandang yang luas. Layar mampu berikan tampilan yang jelas dan jernih kapan saja termasuk di bawah paparan sinar matahari.

Quad Camera

Sektor kamera menjadi faktor jualan di ponsel ini. realme 5 Pro memilih berinovasi dengan menghadirkan Quad Camera. Menjadi tambahan yang manis karena memang sedang tren vendor yang memberikan memberikan lensa lebar.

Dengan adanya lensa lebar, pengguna leluasa dalam menangkap area gambar yang lebih luas tanpa harus mundur-mundur. Menurut panduan yang kami terima, lensa lebar yang mengisi posisi teratas dari jejeran kamera belakang realme 5 Pro sebesar 119 derajat.

Hasil Jepretan realme 5 Pro ©2019 Merdeka.com

Kamera utamanya yang beresolusi 48MP diperkuat dengan kehadiran kamera portrait. Dengan harapan hasilkan gambar dalam mode portrait atau bokeh terlihat lebih baik. Dengan tambahan kamera ini, maka kamera akan lebih akurat dalam mengukur dan membagi area mana yang harus diburamkan dan tidak.

Kamera utama tersebut menggunakan sensor dari Sony jenis IMX586 plus diperkaya oleh kecerdasan buatan (AI) dengan adanya mode Chroma Boost untuk menghasilkan gambar yang optimal seperti rentang dinamis lebih besar dan detail yang lebih tajam. Mode unggulan lain bernama Nightscape sangat membantu dalam menangkap keindahan malam hari melalui foto yang bebas buram, tajam, serta bersih.

Terakhir dari Quad Camera-nya adalah kamera berlensa makro. Masih sangat jarang kamera seperti ini diberikan di ponsel yang beredar di Indonesia. Memang resolusinya masih sebatas 2MP saja, tapi setidaknya mampu memberikan detail yang cukup baik saat memotret foto dalam jarak dekat.

Hasil Jepretan realme 5 Pro ©2019 Merdeka.com

Urusan swafoto, realme 5 Pro mengandalkan kamera 16MP dengan sensor Sony juga namun jenis IMX471. Hasilnya tidak terlalu istimewa namun masih tergolong cukup baik hasilkan foto ganteng atau cantik.

Baterai cukup awet

Baterai realme 5 Pro terhitung besar yaitu 4035mAh. Mungkin mirip-mirip dengan kompetitor, yang pasti baterai ini mampu mentenagai ponsel seharian tanpa cas.

Menariknya ada VOOC Flash Charge 3.0 yang bisa mempercepat pengisian daya baterai dari kondisi kosong ke penuh hanya dalam hitungan di bawah 90 menit saja. Saat digunakan untuk bermain game sekaligus mengecas, saya kagum karena ponsel tidak menghasilkan panas berlebih dan performa masih normal berikut kecepatan pengisian baterai yang masih melaju kencang.

Penilaian

Harus diakui bahwa realme 5 Pro cukup layak untuk dibeli jika memiliki dana di angka Rp 3 sampai Rp 4 juta. Ponsel ini mumpuni dalam menyajikan spesifikasi dan performa ke para pengguna apapun tujuannya.

realme 5 Pro ©2019 Merdeka.com

Baik itu penggila game berat, yang suka fotografi, atau sekadar sosial media semua dapat dilakukan dengan baik. Mau simpan banyak file pun tidak menjadi masalah, sebab di Indonesia diberikan kapasitas memori 128GB dan pilihan kapasitas RAM 4GB atau 8GB.

Paket penjualannya pun lengkap dengan aksesori kepala cas VOOC yang harganya cukup mahal jika dibeli terpisah. Sebagai bonus, layar realme 3 Pro sudah terpasang anti gores dan diberikan aksesori case jelly transparan. Jadi saat membeli tidak perlu lagi mengeluarkan uang ekstra untuk mempercantik dan melindungi ponsel dari kerusakan yang mungkin terjadi dalam pemakaian.

(mdk/hhw)

TOPIK TERKAIT