Memilih sistem operasi smartphone berdasarkan kriteria anda

TEKNOLOGI | 18 Juli 2018 18:21 Reporter : Achmad Fajar Muzakki

Merdeka.com - Smartphone seakan sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern seperti saat ini. Produk smartphone pun juga terus berkembang. Dari banyak segi, salah satunya tentu sistem operasi dari smartphone lah yang menjadi bahan persaingan antara tiga produsen smartphone saat ini. Yaitu iOs, Android, dan BlackBerry.

Sebenarnya ada 4 jenis sistem operasi smartphone. Namun, sejak Microsoft mengumumkan memberhentikan pembaruan pada Windows Phone, persaingan semakin didominasi Apple dan Google dengan iOS dan Android-nya. Sementara sistem operasi BlackBerry masih tetap berjuang mendapatkan tempat di hati pengguna setianya.

Sistem Operasi Smartphone ©2018 liputan6.com

Banyak pengguna pemula merasa bingung ketika memilih jenis sistem operasi smartphone yang cocok untuk mereka.

Berikut adalah ulasan singkat sistem operasi smartphone yang tepat dan sesuai dengan kepribadian dan karakter calon pengguna. iOS, Android, atau BlackBerry? Coba pilih berdasarkan karakter dalam ulasan berikut ini.


1. iOS

Sistem Operasi Smartphone ©2018 liputan6.com

Hampir semua model iPhone yang diluncurkan di pasaran dipaket dengan desain elegan dan menyediakan aplikasi berbeda dari yang lain. Pengguna iPhone biasanya lebih mengutamakan status sosialnya.

Masih menurut Digital Trends, pengguna iPhone juga suka bermain, tetapi mereka ingin memamerkan sesuatu yang lebih. Mereka bahkan lebih mementingkan kualitas dan bersedia membayar mahal untuk hal yang disukainya.


2. Android

Sistem Operasi Smartphone ©2018 liputan6.com

Mengutip laman Digital Trends, smartphone Android cenderung selalu update secara teknis. Sebagian besar aplikasi yang tersedia adalah gratis, tetapi tidak mengutamakan privasi dan keamanan.

Pengguna smartphone Android kemungkinan paling 'geek' dalam hal teknologi. Jenis smartphone ini cocok digunakan oleh pengguna yang suka bermain-main dan mengutak-atik berbagai hal.


3. BlackBerry

Sistem Operasi Smartphone ©2018 liputan6.com

BlackBerry bisa dibilang sebagai smartphone yang paling baik dalam hal keamanan. Maka tak heran, banyak perusahaan besar yang menggunakannya untuk aktivitas kerja. BlackBerry memiliki banyak fitur berguna--seperti fitur PDA--tetapi tidak menyediakan banyak aplikasi.

Pengguna BlackBerry rata-rata adalah pekerja kantoran. Mereka menyukai rasa aman dan percaya bahwa segala sesuatunya memiliki tempat dan harus ditaruh di tempat yang tepat.

Mereka kebanyakan memiliki karakter serius dan tidak suka bermain-main. Namun, bukan berarti mereka tidak memiliki smartphone lain selain BlackBerry untuk penggunaan non-profesional.

Dari ketiga sistem operasi di atas, manakah yang anda gunakan saat ini? Ketiganya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun itu semua kembali kepada kebutuhan dan kenyamanan anda.

Sumber: Liputan6.com

(mdk/mg2)