Mengapa Microsoft Akhiri Dukungan Untuk Windows 7?

Mengapa Microsoft Akhiri Dukungan Untuk Windows 7?
TEKNOLOGI | 14 Januari 2020 15:35 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Hari ini, Selasa 14 Januari 2020, Microsoft mengumumkan bahwa Windows 7 sudah tak lagi diberi dukungan. Peringatan ini telah diumumkan sebelumnya, dan diharap pengguna yang masih memanfaatkan Windows 7 untuk beralih ke Windows 10.

Lantas mengapa Microsoft mematikan dukungan untuk sistem operasi yang dirilis 10 tahun lalu itu?

Ternyata, alasannya adalah keamanan. Di era yang sangat rentan dengan serangan siber, tentu menggunakan sistem operasi yang umurnya sudah satu dekade rasanya tak lagi relevan.

Microsoft sendiri telah merilis peringatan untuk meninggalkan Windows 7 sejak lama.

Microsoft mengatakan Windows 7 merupakan platform lawas dengan sejumlah keterbatasan, baik dari sisi dukungan keamanan maupun hardware. Terlebih, dalam waktu dekat seluruh dukungan untuk sistem operasi itu juga akan dihentikan.

"Saat ini Windows 7 tak lagi memenuhi kebutuhan teknologi modern, termasuk untuk kebutuhan perangkat dengan keamanan tinggi," tutur Markus Nitschke, Head of Windows Microsoft Germany seperti dikutip dari Forbes.

Selain itu arsitektur keamanan platform ini sudah usang, sehingga pengguna yang menjalankan bisnis, kian rentan menjadi korban serangan siber. Biaya yang dikeluarkan juga lebih besar karena masalah kompabilitas sistem operasi ini tak lagi bisa diandalkan.

1 dari 2 halaman

Genjot Jumlah Pengguna Windows 10

Di sisi lain, Microsoft memang tengah berupaya menggenjot jumlah pengguna Windows 10. Bahkan, dalam sebuah kesempatan Chief Marketing Officer Microsoft Chris Capossela mengakui cara perusahaan untuk mendorong pertumbuhan itu terbilang agresif.

Hal itu membuat banyak pengguna Windows 10 melayangkan kritik, sebab pembaruan dilakukan dengan 'memaksa' pengguna. Tak hanya itu, ukuran file yang kelewat besar dengan durasi cukup sering, juga membuat pengguna kewalahan.

Oleh karena itu, Microsoft sendiri akhirnya memberikan solusi berupa membuat file unduhan update Windows dengan ukuran lebih kecil untuk pembaruan yang lebih ringkas.

2 dari 2 halaman

Bagaimana Jika Masih Gunakan Windows 7?

Bagaimana jika kita masih memanfaatkan Windows 7 untuk perangkat laptop atau dekstop PC kita? Jawabannya adalah tidak apa-apa. Windows 7 masih bisa digunakan seperti biasa.

Permasalahannya, sistem operasi ini sudah terlalu rentan untuk menghadapi berbagai serangan siber yang mutakhir.

Microsoft sendiri mengingatkan bahaya malware yang bisa menyerang software kita, jika masih ngotot menggunakan Windows ini. Tak bisa dimungkiri, virus dan malware akan lebih mudah menyerang dan upaya yang dilakukan untuk memperbaiki akan lebih sering.

"Jika Anda tetap menggunakan Windows 7 setelah dukungan berakhir, PC Anda akan tetap berfungsi, namun akan menjadi lebih rentan terhadap risiko keamanan dan virus," tulis Microsoft dalam pengumumannya.

Apa Anda masih pakai Windows 7? (mdk/idc)

Baca juga:
Windows 7 Berakhir Hari Ini, Inilah Dampak yang Harus Diketahui
Apple dkk Digugat, Kenapa?
Windows 10 Mobile Resmi Non-Aktif
Microsoft: AI adalah Game Changer
Microsoft Nonaktifkan Cortana di iOS dan Android
Bill Gates Sebut Windows Mobile Mampu Kalahkan Android
Microsoft Akui Android Sebagai OS Mobile Terbaik

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami