Advertorial

Mengenal Jenis Kode yang Sering Muncul dalam Transaksi Digital

Mengenal Jenis Kode yang Sering Muncul dalam Transaksi Digital
TEKNOLOGI | 27 Oktober 2020 14:12 Reporter : Wuri

Merdeka.com - Zaman sudah berubah. Kini saatnya memasuki era transaksi digital yang minim kontak dan bisa dilakukan dari mana aja. Bahkan belanja pun bisa dilakukan secara online dari rumah saja. Dimulai dari proses pilah-pilih barang yang ada di website, membandingkan harganya, masukkan ke keranjang, lalu membayarnya pun secara online. Prosedur ini mungkin sudah banyak dipahami ya. Namun, seberapa paham sih kamu dengan kode-kode yang sering muncul dalam transaksi digital?

Cari tahu bedanya biar transaksimu aman dan lancar, yuk!

Kode PIN

mengenal jenis kode yang sering muncul dalam transaksi digital

©Shutterstock

Setiap kali akan melakukan transaksi secara digital, biasanya akan muncul pemberitahuan untuk memasukkan kode PIN alias Personal Identification Number. Tujuannya, apalagi kalau bukan untuk verifikasi keabsahan pemilik akun.

Biasanya PIN terdiri dari 6 digit kode rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik akun. Agar lebih aman selama bertransaksi, hindari memilih kombinasi angka yang mudah ditebak, baik urutan angka 1-6 atau tanggal lahir. Sebaiknya jangan menuliskan kode PIN di kertas tapi temukan kombinasi yang mudah kamu hafalkan untuk menjamin keamanan transaksi, terutama saldo dan data penting. Jadi saat kehilangan smartphone PIN tersebut tetap aman karena sudah dihapalkan.

OTP

mengenal jenis kode yang sering muncul dalam transaksi digital

©Shutterstock

Selain PIN, kamu pun akan sering diminta memasukkan kode OTP atau One-Time Password sebelum menyelesaikan transaksi digital. Biasanya, kode akan dikirim lewat SMS untuk dimasukkan ke dalam aplikasi pembayaran digital.

Berbentuk 4-6 digit angka maupun huruf, kode ini dipakai sebagai langkah untuk memperkuat autentifikasi setelah memasukkan ID dan password. Hanya bisa digunakan sekali dalam rentang waktu tertentu, kode OTP ini jadi langkah penting untuk mencegah terjadinya pencurian maupun penyalahgunaan akun.

Virtual Account

mengenal jenis kode yang sering muncul dalam transaksi digital

©Shutterstock

Akun virtual ini biasanya sering ditemukan saat akan mentransfer sejumlah uang di beberapa online shopping. Virtual account ini sendiri merupakan akun sementara yang memungkinkanmu melakukan transaksi, tanpa harus membuka rekening di setiap bank.

Satu rekening bank bisa dibagi jadi beberapa akun virtual, sehingga memudahkan penggunanya untuk melakukan dan mengidentifikasi pembayaran dengan mudah.
Ada dua jenis virtual account, yaitu Fixed yang ditentukan oleh pelanggan aplikasi dompet digital dan Non-Fixed yang ditetapkan secara acak di situs e-commerce. Jadi pilihan yang tepat dalam melakukan transaksi digital, virtual account terjamin keamanannya dan lebih praktis.

QRIS

mengenal jenis kode yang sering muncul dalam transaksi digital

©Shutterstock

Sejak 1 Januari 2020, Bank Indonesia telah mewajibkan seluruh penyedia layanan pembayaran digital menggunakan QRIS. Quick Response [QR] Code Indonesian Standard ini merupakan standar QR Code yang diperlukan untuk pembayaran melalui dompet elektronik atau mobile banking.

Hanya perlu satu sistem untuk semua model pembayaran, QRIS biasanya digunakan di semua merchant yang menyediakan transaksi nontunai. Tinggal scan saja di satu QR Code, lanjutkan dengan melakukan pembayaran tanpa harus melakukan kontak langsung.

Kode Referral

Referral Code ini merupakan kode tertentu yang dipakai untuk melacak siapa saja yang sudah mendaftar ke aplikasi atau program tertentu, lewat undangan member terdahulu. Salah satu yang memiliki fitur ini adalah DANA, dalam bentuk kode undangan untuk teman yang bisa kasih diskon buat si penerima dan pengirimnya sekaligus.

mengenal jenis kode yang sering muncul dalam transaksi digital

©DANA

Nah, Kode Referral dari DANA lagi ada promo menarik bulan ini. Cukup ajak teman pakai DANA, bonus voucher tagihan pulsa atau games Rp10 ribu. Kalau mau menikmati promo ini gampang banget. Kamu wajib mengundang teman yang belum punya akun DANA untuk daftar aplikasi DANA dan kirim uang dengan Saldo DANA.

Nantinya, kamu yang mengundang akan mendapatkan voucher DANA setelah teman yang diundang menyelesaikan misi kirim uang dengan Saldo DANA. Ajak teman sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan voucher promo yang lebih banyak juga. Promo ini hanya berlaku hingga 31 Oktober 2020 ya, jangan sampai ketinggalan!

Yuk, sebar Kode Referral ke teman-teman atau saudara agar hasilnya lebih maksimal! Info lebih lengkap klik di sini. (mdk/wri)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami