Menkominfo: 150 Ribu Antena Disiapkan untuk Proyek Satelit Internet

TEKNOLOGI | 8 Mei 2019 14:30 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menyatakan bahwa pembangunan Satelit Multifungsi (SMF) Satria tidak hanya akan berkonsentrasi di Pulau Jawa. Melainkan ke daerah-daerah pelosok.

Sebanyak 150 ribu titik, kata Rudiantara, yang tidak terjangkau Palapa Ring. Khusus untuk proyek Satelit Multifungsi, pemerintah akan membangun 150 ribu antena di daerah-daerah di luar Pulau Jawa.

"Tadi saya lapor ke Pak Menko Perekonomian, ada 150 ribu titik, kita perlu 150 ribu antena. Saya katakan, tidak boleh dibangun di Pulau Jawa, kita harus distribusikan 150 ribu itu ke daerah," kata Rudiantara yang dikutip dari laman resmi Kemkominfo.

Kata dia, komitmen tersebut akan diwujudkan dengan membangun di lima daerah luar Jawa, terutama di daerah yang masuk kategori 3T atau daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal.

Dari 5 daerah atau lokasi tersebut, masing-masing daerah dipasang 30 ribu antena dengan skala ekonomi yang cukup. Oleh karena itu, SMF SATRIA akan menunjang pengembangan ekonomi daerah.

"Ini akan menunjang pengembangan ekonomi daerah. Sehingga pembangunan ekonomi itu merata ke seluruh Indonesia. Tidak Jawa sentris," ujar Rudiantara.

(mdk/faz)