Menkominfo: Pemerintah Terus Dorong Percepatan Adopsi Digital

Menkominfo: Pemerintah Terus Dorong Percepatan Adopsi Digital
ilustrasi internet. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Syda Productions
TEKNOLOGI | 29 Desember 2021 10:33 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan dampak migrasi selama pandemi memengaruhi kenaikan pertumbuhan ekonomi sektor informasi dan komunikasi sepanjang 2021. Pertumbuhan itu yakni 8,72 persen, 6,87 persen, dan 5,51 persen year-on-year.

"Saya sendiri melihat ini seperti blessing in disguise, di mana masyarakat dunia dan khususnya Indonesia bergerak secara cepat masuk ke era baru era digital," kata Menteri Johnny pada acara Mendigitalkan Indonesia: Retrospeksi 2021 dan Outlook 2022 yang digelar virtual, Selasa (28/12).

Johnny menyatakan sejalan dengan pertumbuhan sektor digital di atas rata-rata ekonomi nasional, Kementerian Kominfo terus berupaya mendorong migrasi aktivitas dan memastikan kemampuan masyarakat dengan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

"Pembangunan infrastruktur telekomunikasi di Indonesia sebelumnya didorong hanya dari sisi disrupsi teknologi. Namun, pandemi Covid-19 memacu akselerasi transformasi digital di semua sektor. Karena kita negara konsumen teknologi, kita harus melakukan akselerasi di hampir semua aspek," jelasnya.

Menurut Menkominfo, pandemi Covid-19 memiliki dampak kesehatan dan ekonomi, namun Pemerintah berupaya memanfaatkan secara optimal dengan mendorong akselerasi transformasi digital.

Untuk mendorong lagi percepatan adopsi digital, pemerintah melalui BAKTI saat ini masih terus melanjutkan pekerjaan membangun BTS 4G di 7.904 desa di daerah 3T. Menteri Johnny, berharap pembangunan BTS yang harus diselesaikan BAKTI dapat rampung pada akhir 2022.

"Untuk itu pembangunan BTS yang saat ini sedang berlangsung, dan terus berlangsung sampai dengan tahun 2022 kita harapkan di akhir tahun itu seluruh daerah yang blankspot sudah terlayani 4G. Sinyal 4G ini jadi tulang punggung layanan nasional kita," kata Johnny.

(mdk/faz)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami