Menkominfo Bakal Pertemukan AWS dan Lion Air Group

TEKNOLOGI | 20 September 2019 20:05 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara menegaskan pihaknya akan mempertemukan Lion Group dengan penyedia layanan cloud Amazon Web Service (AWS).

Pertemuan ini terkait dengan kebocoran data puluhan juta penumpang yang terjadi di dua maskapai di bawah naungan Lion Group yakni Malindo Air dan Thai Lion Air.

"Kami pastikan, minggu depan sudah mengetahui kepastiannya (mengenai kebocoran data), karena Kemkominfo telah mengirim surat kepada Amazon Web Service dan Kemkominfo telah mengundang Lion Group," kata Rudiantara di Kantor Kemkominfo, Jakarta.

Rudiantara mengatakan, Kemkominfo telah menerima pernyataan resmi dari AWS, terkait dengan kebocoran data penumpang Malindo Air dan Thai Lion Air.

Dengan pernyataan dari kedua pihak, yakni Lion Group dan AWS, Kemkominfo menelusuri sehingga mengetahui di mana letak permasalahan dari kebocoran ini.

"Karena (saat pertemuan dengan Kemkominfo) Lion Group mengatakan menggunakan pihak ketiga, ini siapa? Bisa data center, bisa admin. Kami akan telusuri semua, ini kan close system, jadi tidak sulit sebetulnya," ujar Rudiantara.

Namun, yang terpenting menurut Rudiantara adalah data yang sempat bocor tak dimanfaatkan oleh orang lain melalui web.

"Orientasi yang paling penting bukan mencari siapa yang salah, tetapi bagaimana melindungi hak pemilik data," tutur dia.

Sumber: Liputan6.com

Reporter: Agustin Setyo Wardani

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT