Menkominfo: Sinergi Lintas Sektor Penting Maksimalkan 5G di Indonesia

Menkominfo: Sinergi Lintas Sektor Penting Maksimalkan 5G di Indonesia
Ilustrasi BTS. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 16 September 2021 16:16 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate mengatakan, untuk memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, pemerintah menggalang sinergitas lintas sektoral di tiga bidang. Pertama adalah TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri), pengembangan aplikasi, dan talenta digital.

"Untuk memaksimalkan manfaat 5G di Indonesia, ada tiga bidang yang butuh sinergi antar mitra lintas sektoral, yakni TKDN, pengembangan aplikasi, dan talenta digital," tutur Johnny, dikutip dari keterangan resmi Kemkominfo, Kamis (15/9).

Terkait penerapan TKDN 5G, Johnny mengatakan, sangat penting untuk memastikan perangkat 5G yang diproduksi di Indonesia memenuhi TKDN minimal 30 persen. Dalam hal pengembangan aplikasi, ia menilai developer aplikasi lokal perlu dibina melalui ketersediaan ekosistem pengembangan aplikasi berbasis komunitas.

Tujuannya agar aplikasi lokal bisa lebih bersaing dengan aplikasi global. Apalagi pada era 4G, Indonesia memiliki banyak aplikasi unicorn. Sementara mengenai talenta digital, operasional 5G diharapkan bisa menumbuhkan keterampilan yang lebih maju. Ia berharap ke depannya akan banyak kursus mengenai 5G, dalam hal Open RAN, integrator sistem, komputasi canggih, jaringan, dan lainnya.

Menurut Johnny, pertumbuhan jaringan 5G merupakan game changer dan berdampak luas terhadap konektivitas. Ada banyak manfaat bagi ekonomi Indonesia maupun kawasan berkat 5G.

Baca Selanjutnya: Tata Kelola Teknologi 5G...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami