Menkominfo Soal Ibu Kota Baru: Ada Palapa Ring Khusus untuk Kalimantan

TEKNOLOGI | 27 Agustus 2019 08:56 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara turut bersuara menanggapi pengumuman perpindahan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur. Chief RA sapaan akrabnya menuturkan, nantinya jaringan telekomunikasi di wilayah calon ibu kota baru harus lebih maksimal.

Untuk menggapai langkah maksimal itu, dirinya mengusulkan untuk membangun Palapa Ring khusus.

"Jadi, kalau Palapa Ring untuk Indonesia, untuk Kalimantan sendiri harus banyak Palapa Ring. agar keterandalannya harus tinggi," tuturnya di Jakarta, kemarin, Senin (27/8).

Menurutnya, untuk membangun infrastruktur mendukung Ibu Kota baru dapat memanfaatkan jalan yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Batas Indonesia dengan Malaysia itu kurang lebih 300 km, di bahu jalan kami akan bangun fiber optic, sehingga nanti Kalimantan memiliki ring yang semakin bagus," tuturnya.

Menyoal skema pembangunan yang akan diterapkan, Rudiantara menyebut masih harus melakukan pembahasan dengan operator terlebih dulu. Namun, Rudiantara menyaratkan operator yang membangun harus mau dibuka untuk operator lain.

Adapun saat ini kondisi jaringan di wilayah yang menjadi akan menjadi Ibu Kota baru Indonesia itu sebenranya sudah terhubung, baik melalui Palapa Ring atau jaringan yang dibangun operator.

"Sudah (terkoneksi), hanya kami harus tingkatkan lagi keandalannya. Pembahasannya memang belum detail. Tetapi nanti ada pembahasan khusus untuk Kalimantan. Namanya bukan Palapa Ring, tapi Palapa Ring khusus untuk Kalimantan," kata dia.

(mdk/faz)