Menkominfo: Terjadi Lonjakan Trafik Data 49 Persen Dibandingkan Lebaran Tahun Lalu

Menkominfo: Terjadi Lonjakan Trafik Data 49 Persen Dibandingkan Lebaran Tahun Lalu
Menkominfo Johnny G. Plate. ©2021 Merdeka.com
TEKNOLOGI | 18 Mei 2021 10:12 Reporter : Fauzan Jamaludin

Merdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengapresiasi seluruh pemangku kepentingan ekosistem di Indonesia dalam penyediaan layanan telekomunikasi selama ramadan dan lebaran 2021 yang berlangsung baik.

Menurutnya, selama libur akhir pekan Hari Raya Idulfitri 1442 H, terdapat kenaikan traffic telekomunikasi mencapai 49 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Ada lonjakan trafik layanan data terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49 persen lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu. Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi," ungkapnya dalam Halal bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05).

Menteri Johnny mengapresiasi semua ekosistem baik operator seluler penyelenggara teknologi digital dan lembaga lain. Menurutnya, selama masa libur hari raya Idul Fitri silaturahmi masyarakat dapat terus terjalin dan terjaga melalui pemanfaatan teknologi digital.

"Bersama rekan-rekan dari operator selular memahami betul bagaimana peningkatan trafik. Persiapan untuk memungkinkan masyarakat Indonesia itu bisa bersilaturahmi dan berlebaran secara digital kali ini itu dilakukan dengan baik. Saya tidak mendengar keluhan keluhan berarti ya dari masyarakat terkait dengan pemanfaatan bandwidth di infrastruktur digital nasional," tandasnya.

Baca Selanjutnya: Ada Gangguan...

Halaman

(mdk/faz)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami