Menyerah Berkompetisi Dengan iPad, Google Berhenti Produksi Tablet

TEKNOLOGI | 21 Juni 2019 14:55 Reporter : Indra Cahya

Merdeka.com - Pasca dirilisnya Pixel Slate tahun lalu, Google tak akan lagi membuat perangkat tablet lagi.

Hal ini disampaikan juru bicara Google seperti yang dikutip oleh Business Insider. Raksasa teknologi AS ini bahkan menghentikan proses produksi dua tablet yang seharusnya jadi suksesor Pixel Slate. Dua tablet ini tak akan pernah dirilis.

Salah satu dari dua tablet yang tak dirilis ini adalah Pixelbook Slate ukuran 12,3 inci. Tablet ini rencananya akan dirilis Oktober 2019, bersamaan dengan smartphone Pixel 4.

Google sendiri menyebut bahwa mereka akan lebih fokus dan memusatkan perhatiannya untuk pengembangan lini laptop Pixelbook besutannya. Meski demikian, Chrome OS masih akan berjalan dan terus dikembangkan.

"Chrome OS telah makin populer di berbagai form factor, dan kami akan terus bekerja dengan mitra ekosistem kami di tablet dan juga laptop," ungkap juru bicara Google. "Soal perangkat, kami akan fokus pada laptop Chrome dan terus mendukung Pixel Slate," lanjutnya.

Nampaknya, ini adalah keputusan yang juga mendadak dari Google. Pasalnya, para karyawan baru saja diberitahu soal diberhentikannya produksi tablet pada hari Rabu (19/6) lalu. Saat ini para karyawan telah dipindahkan ke produksi Pixelbook Laptop dan beberapa proyek yang disebut "proyek rahasia."

Sempat Ada PHK dan Ketatnya Persaingan

Informasi soal berhenti produksinya Google Pixel Slate datang tepat tiga bulan setelah ada desas-desus PHK di tubuh produsen perangkat keras Google. Beberapa bos di bidang laptop dan tablet sendiri dilaporkan telah mendapatkan posisi baru.

Tak cuma soal PHK, Google sendiri telah berusaha mengkreasi sebuah tablet sejak 2015 lalu, yakni tablet Pixel C. Sayangnya persaingan cukup ketat di mana terdapat beberapa tablet papan atas seperti Microsoft Surface Pro serta tentunya Apple iPad Pro.

Dengan dimatikannya lini tablet, diharapkan akan ada lini laptop yang jauh lebih baik.

Baca juga:
Pixel 3a Jadi Salah Satu Smartphone Paling Laris Saat Ini
Desain Google Pixel 4 Mirip iPhone 11?
7 Fitur Papan Atas yang Tak Dimiliki Pixel 3a, Si Flagship Ekonomis
3 Keunggulan Pixel 3a, Smartphone Murah Google yang Tak Masuk Indonesia
Menurut Survei, Pengguna Tinggalkan Samsung Untuk Ganti ke Smartphone Ini
Ini Bocoran Spesifikasi Google Pixel 3 Lite
8 Smartphone Terbaik 2018, Mana Favorit Anda?

(mdk/idc)

TOPIK TERKAIT