Menyiasati Menggunakan WhatsApp, Coba Pakai Aplikasi Ini

TEKNOLOGI | 22 Mei 2019 19:12 Reporter : Tim Merdeka

Merdeka.com - Pemerintah membatasi akses media sosial dan WhatsApp untuk sementara. Tujuannya agar menghindari dampak pesan-pesan yang nantinya berdampak negatif.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, pembatasan ini terkait dengan Aksi Unjuk Rasa Damai berkaitan dengan pengumuman hasil Pemilihan Umum Serentak 2019.

"Pembatasan itu dilakukan terhadap fitur-fitur platform media sosial dan messaging system. Tidak semua dibatasi dan bersifat sementara dan bertahap," ungkap Rudiantara dalam keterangan persnya, Rabu (22/5).

Imbas dari kebijakan ini adalah sebagian besar pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan. Parahnya, tidak hanya video dan gambar yang diklaim akan dibatasi, namun juga teks.

Namun hal ini tak perlu dirisaukan. Banyak cara yang bisa digunakan untuk bisa mengakses aplikasi perpesanan milik Facebook ini.

Bagaimana caranya? Anda tinggal mengunduh aplikasi Virtual Private Network (VPN). Ada banyak aplikasi VPN yang bisa digunakan seperti Turbo VPN, Thunder VPN, 1.1.1.1, dan aplikasi VPN lainnya. Merdeka.com pun mencoba menginstal aplikasi VPN tersebut dari OS Android. Dari tiga aplikasi yang disebutkan tadi, kami mencoba aplikasi 1.1.1.1. Aplikasi tersebut bisa didownload di Google Play Store.

Hasilnya? WhatsApp dapat digunakan sebagaimana mestinya, baik itu mengirim teks, gambar, maupun video. Simple kan? Maka, jika Anda malas berpindah ke aplikasi perpesanan sejenis, seperti Telegram, barangkali ini menjadi solusi sementara untuk bisa menggunakan WhatsApp.

Silakan dicoba!

(mdk/faz)

TOPIK TERKAIT